logo


KKP Akan Menambah Armada Kapal Guna Memberdayakan Nelayan Kecil

Menurut Sjarief, kapal-kapal tersebut tidak akan dijual, melainkan dibagikan kepada nelayan yang membutuhkan sesuai data yang telah dimiliki KKP

20 April 2017 13:55 WIB

Ilustrasi kapal nelayan.
Ilustrasi kapal nelayan. JITUNEWS/Bayu Erlangga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja, mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengupayakan untuk menambah armada kapal yang bertujuan untuk memberdayakan nelayan kecil agar mampu memanfaatkan sumber daya ikan yang berlimpah. 

“Kita ingin melakukan revitalisasi armada penangkapan ikan nasional. Nah, kita ingin berpihak kepada nelayan-nelayan kecil sehingga mereka punya kapasitas yang sama untuk kelaut, memiliki alat tangkap yang baik, sehingga bisa mendapatkan hasil yang baik,” kata Sjarief di Jakarta, Kamis (20/4).

Menurut Sjarief, kapal-kapal tersebut tidak akan dijual, melainkan dibagikan kepada nelayan yang membutuhkan sesuai data yang telah dimiliki KKP. Nelayan tersebut juga akan diberi pendampingan agar target KKP untuk meningkatkan produksi perikanan Indonesia dapat tercapai. 


KKP Fokuskan Perencanaan Kawasan Budidaya Berkelanjutan

“Ikan tidak hanya ada di tengah laut, bahkan sudah ke pinggir karena dampak kebijakan KKP tentang keberlanjutan sumber daya ikan. Kita akan memberikan pelatihan kepada nelayan-nelayan kecil agar mampu mengoperasikan kapal dan alat penangkapan ikan bantuan KKP,” tutur Sjarief. 

Sjarief menerangkan, pendataan dilakukan langsung oleh tim yang diturunkan KKP untuk menghindari terjadinya kecurangan atau penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran.

“Sekarang kita jemput bola. Kita tidak menunggu di Jakarta, tetapi tim langsung turun ke bawah, masuk ke masyarakat. Meski tetap menerima masukan dari Dinas, tim KKP tetap turun ke masyarakat, melihat langsung kegiatan masyarakat,” ujarnya.

Sjarief juga mengungkapkan, tahun ini KKP akan membuka kesempatan kepada koperasi-koperasi maupun kelompok asosiasi untuk mengajukan diri sebagai calon penerima bantuan tentunya dengan meminta proses validasi melalui Dinas Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Reformasi KKP Percepat Perizinan, Agar Nelayan Leluasa Melaut

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana