logo


JPU Tuntut Ahok 1 Tahun Penjara 2 Tahun Percobaan

JPU menilai, sikap Ahok yang kooperatif dan menunjukan sopan santun sepanjang persidangan serta telah berjasa dalam membangun kota Jakarta selama menjadi gubernur menjadi hal yang meringankan bagi calon gubernur DKI kalah tersebut.

20 April 2017 11:40 WIB

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menunjukkan surat suara sebelum melakukan pencoblosan di TPS 54 kawasan Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta, Rabu (19/4/2017).
Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menunjukkan surat suara sebelum melakukan pencoblosan di TPS 54 kawasan Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta, Rabu (19/4/2017). Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sidang pembacaan pledoi atau pembelaan oleh terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan digelar pada 25 April 2017 mendatang. Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah menuntut terdakwa dengan hukuman satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

"Menuntut supaya majelis hakim yang mengadili perkara ini, menyatakan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama terbukti bersalah menyatakan perasaan kebencian," demikian ucap ketua tim jaksa Ali Mukartono saat membacakan surat tuntutan dalam sidang lanjutan Ahok di auditorium Kementan, Jl RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/4).

Dikabarkan Menurun, Kaki dan Perut Jupe Bengkak


Ahok Buat Video Spesial untuk Warga Jakarta

Meski begitu, JPU menilai, sikap Ahok yang kooperatif dan menunjukan sopan santun sepanjang persidangan serta telah berjasa dalam membangun kota Jakarta selama menjadi gubernur menjadi hal yang meringankan bagi calon gubernur DKI kalah tersebut.

Ahok Ajak Anies Duduk Bersama Satukan Program

Sedangkan hal-hal yang memberatkan Ahok ialah karena perbuatannya dinilai meresahkan masyarakat dan menimbulkan kesalahpahaman. Sedangkan hal meringankan di antaranya dia bersikap baik dan sopan selama sidang.

Amien Rais Minta Ahok Dihukum Maksimal

"Menjatuhkan terhadap terdakwa Ir Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan pidana penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun," ujar jaksa di lokasi.

Pelapor Kecewa Terhadap Tuntutan, JPU Dituding Tak Independen

Buni Yani Jadi Poin yang Meringankan Tuntutan terhadap Ahok

Jaksa menyatakan Ahok telah melakukan penistaan agama kala berpidato di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Saat itu ia mengatakan jangan mau dibohongi pakai Surah Almaidah.

Anies Mulai Lakukan Sosialisasi Program ke Pemprov DKI Jakarta

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah