logo


Anies Mulai Lakukan Sosialisasi Program ke Pemprov DKI Jakarta

Menurutnya, pergantian gubernur dengan penyusunan tahun anggaran memiliki selisih beberapa bulan.

20 April 2017 10:28 WIB

Anies Baswedan temui Ahok di Balai Kota, Kamis (20/4/2017)
Anies Baswedan temui Ahok di Balai Kota, Kamis (20/4/2017) Jitunews/Citra Fitri Mardiana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pertemuan antara Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama pagi ini dianggap sebagai momen penting transisi yang dimanfaatkan untuk penyatuan program.

Bagi Anies, pembicaraan di awal ini akan berdampak besar pada perwujudan program-program yang dijanjikannya selama kampanye. Pasalnya, seluruh programnya terancam tak mendapat alokasi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bila tidak sejak dini disosialisasikan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Karena siklus anggaran dengan siklus Pilkada itu. Jadwalnya banyak gak nyambung, Pilkadanya bulan April, pelantikannya Oktober. Sementara anggaran diproses sekarang ini sampai bulan Oktober," ungkap Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/4/2017).


Anies Anggap Kubu Ahok-Djarot Teman Demokrasi yang Saling Menguatkan

Menurutnya, pergantian gubernur dengan penyusunan tahun anggaran memiliki selisih beberapa bulan. Dengan demikian, pertemuannya dengan Ahok pagi tadi sengaja dimanfaatkannya untuk menerjemahkan program-program yang dijanjikan akan dilaksanakan.

Selanjutnya, pihaknya akan mengajukan tim yang akan bekerjasama dengan jajaran staf Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna menyusun anggaran. Upaya tersebut dimaksudkan untuk menjalankan program secepatnya saat dirinya mulai masuk menduduki kursi DKI 1 nanti.

"Kalau tidak ada pembicaraan ini, ‎nanti bisa-bisa rencana gubernur baru, baru bisa dilaksanakan tahun 2019. Karena 2018 anggarannya sudah disusun sekarang," ujarnya.

Seperti diketahui, pasangan calon Anies Baswedan dan Sandiaga Uno telah ditetapkan sebagai pemenang Pilkada DKI Jakarta 2017 versi hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei.

Nyatakan Kekalahannya, Ahok-Djarot Masih Tunggu Hasil Resmi KPU

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Nugrahenny Putri Untari