logo


DPR Soroti Disparitas Harga Pangan yang Masih Tinggi

Ia berharap agar pemerintah segera mengambil langkah cepat guna mengatasi masalah tingginya disparitas harga pangan.

18 April 2017 13:30 WIB

Pedagang sayuran di pasar induk Kramat Jati.
Pedagang sayuran di pasar induk Kramat Jati. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, mengatakan sampai saat ini masalah disparitas (jarak) harga pangan masih belum ditangani dengan baik. Menurutnya, hal ini terlihat jelas pada selisih harga pangan khususnya bawang yang cukup tinggi di tingkat petani dan pedagang di pasar.

Ia menjelaskan, bahwa harga bawang di daerah sentra tanaman bawang seperti daerah Temanggung, Jawa Tengah, masih cukup rendah bila dibandingkan harga jual pedagang di pasar.

"Harga bawang di tingkat petani Rp8.000/kg namun harga di pasar mencapai Rp25.000/kg s.d. Rp30.000/kg. Di sini masih ada disparitas harga sekitar 300 persen," demikian kata Daniel Johan di Jakarta, Selasa (18/4/2017).


Ketua PKK Serukan Agar Kader Merespon Positif Program GERTAM Cabai Kementan

Lebih lanjut, ia mengatakan masalah disparitas harga ini tidak hanya pada komoditas bawang, tetapi juga pada sejumlah komoditas strategis lainnya. "Kalau hal ini tidak segera dibenahi kasihan petani kita, mereka suda susah paya memproduksi, sementara keuntungannya dinikmati orang lain (pedagang)," tambahnya.

Ia berharap agar pemerintah segera mengambil langkah cepat guna mengatasi masalah tingginya disparitas harga pangan.

Terkait masih rendahnya harga beli bawang di tingkat petani, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman telah meminta pihak Bulog untuk menyerap bawang petani dengan harga yang menguntungkan petani. Amran meminta Bulog untuk menyerap dengan harga Rp15.000/kg di tingkat petani.

Sementara itu, untuk kisaran harga komoditas cabai, menurut Amran, masih pada kondisi normal dengan kisaran harga Rp40.000/kg s.d. Rp60.000/kg, yang mana menurut Arman masih dalam kondisi normal.

Mentan Tak Gentar Jika Uni Eropa Larang Peredaran Kelapa Sawit Indonesia

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari