logo


Ahok Hendak Ubah Konsep Tempat Usaha di Seluruh Rusun Jakarta

Evaluasi terhadap rumah susun dilakukan lantaran Ahok menyadari kesalahan pembangunan Rusun yang menggunakan konsep serupa dengan apartemen

18 April 2017 13:28 WIB

Ahok saat meninjau rusun Rawa Bebek.
Ahok saat meninjau rusun Rawa Bebek. Jitunews/Citra Fitri Mardiana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berencana mengubah konsep pembangunan Rumah Susun (Rusun) di Jakarta, khususnya pada tata letak tempat usaha yang berada di sekitar rusun.

Perubahan konsep yang dimaksud Ahok, akan membuat desain tempat usaha berada menghadap ke jalan inspeksi yang berada di depan Rusun. Dengan begitu, Ahok menilai tempat usaha akan ramai dikunjungi orang-orang yang berlalu-lalang di depannya.

"Nah makanya sekarang saya mau ubah, ini kan depannya ada jalan raya, ini kan Kanal Banjir Timur ada jalan inspeksi berarti di depannya itu kalau jalan inspeksi di dalam kita bikinin parkiran mobil. Sehingga nanti orang-orang yang di dalam lalu lalang di situ akan mampir belanja, terutama makanan," ungkap Ahok saat meninjau langsung Rusun Rawa Bebek, di Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa (18/4).


Rusun Pasar Rumput Belum Selesai, Ahok Usul Sewakan Warga Bukit Duri Rumah Sementara

Evaluasi tersebut, terpaksa dilakukannya, menyusul kesalahan yang disadari Ahok bahwa konsep Rusun yang dibangunnya selama ini menggunakan konsep serupa dengan apartemen yang terhubung langsung dengan tempat perbelanjaan.

"Dulu kita mempunyai konsep semua yang tinggi di rusun toko-tokonya di bawah. Kita terpengaruh liat kaya mall kan, gancit, taman anggrek, central park, itu kan ada apartemen bawahnya toko," ujarnya.

Sementara itu, konsep tersebut pada penerapannya justru dirasa tidak sesuai dengan kondisi di rusun. Daya beli warga rusun dianggapnya tidak setinggi penghuni apartemen. Sehingga butuh serapan pembeli dari luar Rusun untuk membantu pergerakan ekonomi para pedagang Rusun.

"Yang kita lupa di Central Park atau Gandaria City kan daya beli nya tinggi, jual apapun di bawah laku. Nah, kalau orang yang biasa tinggal di pinggir sungai, waduk itu kan dilewatin dari masyarakat yg bukan dari tinggal di situ, maka dia daya belinya nambah dari luar," jelasnya.

Pembangunan Rusun Dikebut, Ahok: Beberapa Selesai Tahun Ini

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Ratna Wilandari
 
×
×