logo


Sidak ke Pasar Tanpa Dibarengi Ketersediaan Pasokan, DPR: Tidak Akan Berpengaruh pada Harga

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengkritisi gencarnya langkah sidak ke pasar-pasar yang dilakukan oleh Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan

18 April 2017 12:01 WIB

Daniel Johan.
Daniel Johan. JITUNEWS/Siprianus Jewarut

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengkritisi gencarnya langkah sidak ke pasar-pasar yang dilakukan oleh Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan guna menjaga kondisi harga di pasar. Menurut Daniel, langkah sidak ke pasar penting untuk dilakukan, namun kalau tidak diimbangi dengan ketersediaan pasokan pangan yang cukup, maka tidak akan berdampak pada target menstabilkan harga pangan di pasar.

“Kendati terus menerus lakukan sidak ke pasar, kalau di hulunya (ketersediaan Pasokan) tidak dijaga, maka tidak akan berpengaruh pada harga. Harga akan tetap naik di pasar,” demikian kata Daniel Johan di Jakarta, Selasa(18/4).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa ketersediaan pasokan masih menjadi poin penting yang harus diselesaikan oleh pemerintah.


APTI Minta DPR Perhatikan Industri Kretek Nasional

“Pemerintah harus bisa pastikan bahwa ketersediaan pasokan komoditas strategis, seperti bawang,cabe, gula, minyak goreng, beras, daging tetap stabil, maka langkah selanjutnya pengawasan di pasar-pasar,” demikian katanya.

Seperti diketahui beberapa minggu belakangan ini kedua menteri dari kabinet kerja (Jokowi-JK), Kementan dan Kemendag gencar melakukan kunjungan ke pasar-pasar. Pasalnya, langkah ini dilakukan guna menjaga kondisi harga pangan di pasar-pasar.

Menteri pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman sendiri memastikan bahwa hingga saat ini pihaknya terus mengupayakan langkah menjaga keseimbangan dari sisi produksi dan harga pangan di tingkat produsen dan konsumen.

"Beras sudah aman sempat harga jatuh di tingkat petani, kita jaga keseimbangannya bersama, petani sudah untung senang mereka berproduksi, konsumen harus menikmati dengan harga yang baik," ungkap Amran.

Ia juga menegaskan bahwa untuk Produksi komoditas pertanian saat ini dinilai sudah baik, seperti contohnya beras saat ini stoknya dinilai aman. Untuk saat ini stok beras nasional sudah mencapai 2 juta ton lebih.

DPR Puas dengan Kemajuan Pembangunan Perikanan Budidaya

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata