logo


Kasus Intimidasi Penyidik KPK, Pengamat : Novel Baswedan Kunci Utama Seluruh Penyidik yang Ada di KPK

Tercatat sudah lima kali Novel Baswedan mengalami intimidasi saat menjabat sebagai penyidik KPK

17 April 2017 17:57 WIB

Penyidik KPK Novel Baswedan mengalami tindakan intimidasi fisik oleh orang tak dikenal, Selasa (11/4/2017) usai menunaikan Shalat Subuh
Penyidik KPK Novel Baswedan mengalami tindakan intimidasi fisik oleh orang tak dikenal, Selasa (11/4/2017) usai menunaikan Shalat Subuh Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM Intimidasi yang diterima oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan di alaminya beberapa kali sebelum insiden penyiraman air keras yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Hal itu membuat pengamat dari Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz, menjelaskan beberapa alasan kenapa Novel Baswedan sering sekali mendapatkan ancaman pada saat menjabat sebagai penyidik KPK.

Menurutnya, Novel merupakan kunci utama dari penyidik yang ada di lembaga KPK yang menangani kasus-kasus korupsi besar.


Novel Baswedan Sempat Dapat Teror Sebelum Aksi Penyiraman Air Keras Terjadi

"Pertama, Novel merupakan sosok sentral dan kunci utama. Hal ini akan dimanfaatkan orang-orang tertentu yang memiliki kasus hukum di KPK," ujar Fariz, senin (17/4).

Novel sudah bekerja selama belasan tahun dan dedikasinya untuk memberantas korupsi cukup bagus. Selain itu, oknum yang tidak suka dengan KPK tidak akan secara langsung mengkriminalisasikan lembaga itu. Oleh karena itu, sasarannya beralih pada penyidik KPK.

"Penyidik yang sedang memimpin sebuah kasus tentu tertentu akan menjadi sasaran para oknum ini karena pengamanan mereka juga tidak terlalu ketat dan mudah untuk di intimidasi," paparnya.

Fariz juga menilai selama ini spekulasi yang beredar di masyarakat tidak semuanya benar. Kendati demikian, kasus besar yang sedang di tangani oleh KPK tentu menjadi salah satu analisis yang wajib dipertimbangkan.

"Polisi haru segera menangkap sehingga nantinya semua akan jelas,"tutupnya.

Polisi Kantongi Identitas Pelaku Penyiraman Air Keras Novel Baswedan

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari