logo


Jaksa Agung Berikan Penjelasan Penundaan Sidang Ahok

pihaknya tidak cukup waktu untuk menganalisa berbagai fakta, bukti dan keterangan di persidangan

12 April 2017 18:49 WIB

Jaksa Agung HM Prasetyo.
Jaksa Agung HM Prasetyo. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Jaksa Agung HM Prasetyo berikan penjelasan perihal ditundanya sidang pembacaan tuntutan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Menurutnya ditunda persidangan yang mengagendakan pembacaan tuntutan terhadap Ahok dikarenakan pihaknya tidak cukup waktu untuk menganalisa berbagai fakta, bukti dan keterangan di persidangan. Pasalnya berbagai keterangan di persidangan Ahok tersebut haruslah diperiksa dan dianalisa secara cermat dan benar agar tidak menimbulkan kekeliruan.
“Mengapa sidang ke 18 kemarin pada giliran yang seharusnya JPU membacakan tuntutan pidana terpaksa meminta penundaan karena tidak cukupnya waktu untuk menyelesaikan penyusunan naskah. Diharapkan semua pihak bisa memahaminya,” ujar Praseto pada saat rapat kerja dengan Komisi III di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4).

Prasetyo menjelaskan ditundanya persidangan Ahok tersebut adalah murni kesalahan teknis dari pihaknya, bukan dikarenakan adanya tekanan, intimidasi maupun persoalan politis.


Sidang Putusan Ahok Ditunda, Novel FPI: Jaksa Mati Angin!

“Bahwa adanya surat dari Kapolda Metro Jaya yang berisi saran dan himbauan terkait pertimbangan keamanan, hal tersebut bukan alasan yuridis serta tidak dapat jadi dasar atau pertimbangan hukum untuk memutuskan dikabulkan atau tidaknya penundaan sidang penjadwalan ulang pembacaan tuntutan oleh JPU,” tutupnya. 

Diketahui sebelumnya, Jaksa penuntut Ali Mukartono mengaku belum siap dengan tuntutan terkait sidang terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan meminta penundaan dua pekan. Dijadwalkan ulang akan dilaksanakan pada tanggal 20 April 2017 mendatang.

Persidangan Diundur, Tim Kuasa Hukum Ahok: Tidak Ada Rekayasa

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata