logo


Komisi II, Banyak Alasan Mengapa Ibu Kota Harus Dipindahkan

Menurutnya, sudah banyak alasan kuat yang mendasari kenapa Ibu Kota harus dipindah dari Jakarta.

12 April 2017 15:02 WIB

Anggota Komisi II DPR Achmad Baidowi
Anggota Komisi II DPR Achmad Baidowi dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi II DPR Achmad Baidowi, mengatakan sudah saatnya pemerintah memindahkan ibu kota Indonesia lantaran kondisi DKI Jakarta yang sudah tidak cocok lagi disebut sebagai pusat pemerintahan.

Menurutnya, sudah banyak alasan kuat yang mendasari kenapa Ibu Kota harus dipindah dari Jakarta.

"Jakarta sudah sangat crowded, macet dan tidak aman dari bencana banjir. Hal ini dirasa sudah tidak cocok lagi Jakarta mengemban predikat ibu kota sekaligus pusat pemerintahan," ujarnya di Jakarta, Rabu (12/4/2017).


Ini Kata Mensesneg Terkait Rencana Presiden Jokowi Pindahkan Ibu Kota Negara

Berdasarkan sejumlah alasan tersebut, politikus PPP ini menyarankan sebaiknya Jakarta dijadikan sebagai kota perdagangan dan jasa.

"Sekarang tinggal pemerintah menghitung kalkulasi anggaran yang dibutuhkan ketika ibu kota negara pindah atau perpindahan pusat pemerintahan," katanya.

Pemerintah, lanjut Achmad, tinggal memilih beberapa alternatif untuk dibuat kalkulasi dan dibandingkan dengan biaya yang harus keluar jika ibu kota dan pusat pemerintahan tetap di Jakarta.

"Pemerintah bisa membandingkan dengan pemindahan ibu kota atau pusat pemerintahan yang ada di beberapa negara selanjutnya jika sudah positif tinggal menyiapkan payung hukum serta persiapan sarana dan prasarana," tutupnya.

Bambang Ungkapkan Kriteria Ibu Kota Pengganti Jakarta

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugrahenny Putri Untari