logo


Ganjar Pranowo: Nasib Tenaga Honorer Pertanian Sudah Cukup Jelas

Ganjar mengatakan adanya pengangkatan tenaga honorer pertanian saat ini tidak terlepas dari peran dan kegigihan Mentan Amran Sulaiman dan jajaran Komisi IV DPR RI.

12 April 2017 14:12 WIB

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. JITUNEWS/Johdan A.A.P

SEMARANG, JITUNEWS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengungkapkan dengan adanya proses Formasi dan Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Penyuluh Pertanian menujukan bahwa nasib tenaga honorer di sektor pertanian sudah cukup jelas arahnya.

"Dengan adanya proses Formasi dan Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Penyuluh Pertanian berarti sudah ada harapan dan kejelasan bagi Tenaga Harian Lepas TB Penyuluh Pertanian (THL-TBPP)," kata Ganjar di Semarang, saat mendampingi Menteri Pertanian, Rabu (12/4/2017).

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan adanya pengangkatan tenaga honorer pertanian saat ini tidak terlepas dari peran dan kegigihan Mentan Amran Sulaiman dan jajaran Komisi IV DPR RI.

"Untuk itu, penyuluh THL-TBPP yang telah diangkat status menjadi CPNS harus mampu memajukan sektor pertanian dan mampu mendampingi para petani," katanya lagi.

Ia berharap dengan adanya pengangkatan sejumlah THL-TBPP menjadi CPNS memberi gairah baru di sektor pertanian.

"Peran penyuluh harus bisa menyelesaikan problem yang ada di petani, walaupun jumlah penyuluh belum memenuhi jumlah yang diinginkan yakni satu desa satu penyuluh. Harapan saya, penyuluh harus menggunakan high technology agar bisa berkomunikasi dengan petani dan mendata permasalahan secara cepat. Penyuluh mau tidak mau, suka tidak suka harus masuk di era digital," tukasnya.

Ekspor Hasil Pertanian, Gubernur Papua : Ini Menunjukan Kami Tidak Miskin

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari