logo


Jokowi Lebih Serius Hembuskan Wacana Pemindahan Ibu Kota Negara

Wacana pemindahan Ibu Kota itu membuat Mendagri, Tjahjo Kumolo angkat bicara

12 April 2017 11:59 WIB

Pengunjung bermain layang-layang di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta.
Pengunjung bermain layang-layang di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta. dok. Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo meminta agar wacana pemindahan Ibu Kota Negara ke kota  Palangkaraya dilaksanakan. Hal ini membuat Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo ikut angkat bicara.

Menurutnya, wacana tersebut sudah berhembus sejak lama sebelum presiden Joko Widodo. Bahkan wacana ini ada saat era presiden Soekarno dalam konsep pembangunan semesta jangka panjang.

"Saya kira pak Jokowi dalam melakukan telah cukup komprehensif untuk alternatif penempatan Palangkaraya sebagai sebagai pusat pemerintahan,' ujarnya.


Ini Kata Mensesneg Terkait Rencana Presiden Jokowi Pindahkan Ibu Kota Negara

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa perlu pengkajian yang lebih jauh terkait hal tersebut. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjadikan pusat Ibu Kota menjadi Indonesia sentris.

Sementara itu, Palangkaraya bukan merupakan satu-satunya opsi untuk pemindahan Ibu Kota. Ada banyak alternatif kota lain yang masih dalam pengkajian.

"Ibu kota Negara kan pusat pemerintahan, menyangkut  kantor negara sahabat, lembaga TNI/Polri dan lainnya. Jadi saya kira penting ada alternatif," tuturnya

Minta Publik Tak Spekulasi Calon Menteri Inisial M, Menkominfo: Nanti Berdampak pada Kredibilitas Tokoh Nasional

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari