logo


Tingkatkan Layanan Penyambungan Listrik , PLN Gorontalo Luncurkan Bentor MootilanGO

Bentor dipilih karena mampu masuk dan menjangkau tempat tinggal masyarakat Gorontalo yang dilalui lorong-lorong kecil yang sulit dijangkau oleh mobil

11 April 2017 18:40 WIB

Bentor atau becak motor MootilanGO
Bentor atau becak motor MootilanGO Jitunews/Garry Talentedo

GORONTALO, JITUNEWS.COM - Bentor atau becak motor lazimnya digunakan sebagai moda transportasi lokal. Namun, di tangan para pegawai muda PLN Gorontalo, bentor disulap menjadi armada khusus pelayanan penyambungan listrik melengkapi mobil layanan yang sudah ada. Bentor dipilih karena mampu masuk dan menjangkau tempat tinggal masyarakat Gorontalo yang dilalui lorong-lorong kecil yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat atau mobil.

Menurut Manager PLN Gorontalo, Nayusrizal, dipilihnya bentor karena merupakan kendaraan khas daerah tersebut.

“Selain itu, bentor juga merupakan kearifan lokal yang menjadikannya armada terunik yang dimiliki PLN,” ujarnya.


Desa Berlistrik 100 Persen Akan Segera Direalisasikan PLN

Nayusrizal mengatakan saat ini sebanyak 8 unit bentor telah disiapkan untuk membantu pelayanan listrik di 4 rayon yang ada di PLN Area Gorontalo. Dimana masing-masing bentor sudah dilengkapi dengan tangga, kotak berisi kabel, meter listrik, dan APD (Alat Pelindung Diri) dan dioperasikan oleh 2 orang operator yang sudah terlatih dan siap memberikan pelayanan listrik.

MootilanGO (Motor Uti Pelayanan Gorontalo) yang berarti terang benderang dalam bahasa Gorontalo adalah nama yang diberikan untuk armada pelayanan PLN ini. Saat ini, PLN Area Gorontalo melayani sebanyak 239.667 yang tersebar di 5 kabupaten dan 1 kota madya yang ada di provinsi Gorontalo. Dalam hal ini, Nayusrizal mengaku memiliki target menyambung listrik sebanyak 28 ribu pelanggan pada tahun 2017 ini. Hingga bulan Maret 2017, tercatat sudah tercapai sekitar 20%.

Dengan adanya tambahan bentor pelayanan listrik, Nayusrizal bertekad memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat dan transparan.

“Khususnya dalam penyambungan aliran listrik ke instalasi pelanggan dalam rangka mewujudkan Provinsi Gorontalo yang terang benderang,” jelasnya.

Sementara itu, mewakili pemerintah setempat, Walikota Gorontalo, Marten Taha menyampaikan apresiasinya atas terobosan inovatif yang dihasilkan oleh PLN Area Gorontalo. Menurutnya, bentor dapat menjangkau daerah-daerah yang tidak bisa dilalui mobil sehingga dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

"Atas nama Pemerintah Kota Gorontalo, kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kepedulian PLN dengan menghadirkan bentor MootilanGO sebagai salah satu unit layanannya kepada masyarakat. Ini menunjukkan bahwa PLN telah mengangkat kearifan lokal Gorontalo," paparnya.

Tersinggung Pegawainya Dimarahi Risma, Gubernur Gorontalo Desak Jokowi Beri Peringatan

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Aurora Denata