logo


Setelah Foto Patung Pancoran Jadi Viral, Kini Giliran Patung Pembebasan Irian Barat

Rudy juga mengatakan tokoh yang menjadi inspirasi patung tersebut adalah Johannes Abraham Dimara.

11 April 2017 16:09 WIB

Monumen pembebasa Irian Barat.
Monumen pembebasa Irian Barat. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Patung Dirgantara, atau yang lebih dikenal dengan Patung Pancoran, merupakan salah satu ikon kota Jakarta. Akan tetapi, masih banyak orang yang ternyata belum tahu betul seperti apa bentuk wajah patung tersebut lantaran letaknya yang tidak dalam jangkauan. 

Adapun, seseorang bernama Rudy Sunandar, yang berhasil mengabadikan wajah Patung Pancoran menggunakan drone

"Diambil menggunakan drone dan melalui proses tonal dan diafragma di photoshop," kata Rudy melalui akun Instagramnya, @ryu_rudy.


Pecahkan Rekor, Amerika Bangun Monumen Pisau Terbesar di Dunia

Foto tersebut nyatanya mendapat apresiasi yang cukup positif dari masyarakat. Sebagian besar masyarakat justru mengucapkan rasa terima kasih. Berkat foto close-up tersebut, mereka akhirnya bisa melihat bentuk Patung Pancoran dari dekat. 

Karya Rudy tak sampai di situ saja. Tak lama kemudian, Rudy mengunggah sebuah foto anyar yang diketahui sebagai Monumen Pembebasan Irian Barat. Dalam keterangan fotonya, Rudy tidak lupa memberikan penjelasan singkat tentang sejarah monumen tersebut.

Instagram.com/ryu_rudy

"Merupakan monumen tanpa penokohan berbentuk patung yang terletak di tengah-tengah Lapangan Banteng. Monumen ini dibuat pada waktu perjuangan bangsa Indonesia untuk membebaskan wilayah Irian Barat mencapai puncaknya pada tahun 1962," tulis Rudy. 

Rudy juga mengatakan tokoh yang menjadi inspirasi patung tersebut adalah Johannes Abraham Dimara.

Kasau: Monumen Pesawat A-4 Skyhawk ini Didedikasikan untuk Para Senior AU

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari