logo


Inilah Daftar Kasus Korupsi yang pernah Ditangani Novel Baswedan

Banyak kasus korupsi kelas kakap yang berhasil diselesaikan Novel Baswedan selama menjadi penyidik KPK.

11 April 2017 13:51 WIB

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM -Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengalami insiden tak beradab pada Selasa (11/4/2017) subuh. Ia disirami air keras oleh orang tak dikenal. Kejadian itu menimpanya setelah dirinya menunaikan Shalat subuh di Masjid yang tak jauh dari rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Insiden itu mendapat kecaman dari berbagai pihak mengingat kinerja Novel yang terbilang dapat dipercaya selama menjadi penyidik KPK. Berbagai kasus korupsi skala besar ditanganinya sejak menjadi penyidik KPK.

Saat ini, Novel pun tengah dalam misi pengusutan kasus dugaan korupsi KTP Elektronik (E-KTP). Dalam kasus itu, negara ditaksir merugi hingga Rp 2 triliun lebih. Dalam penyidikannya, Novel membuka borok para 'maling duit' E-KTP.


Begini Tanggapan Johan Budi Soal Kasus Teror Novel Baswedan

Novel lah orang yang mencokok Andi Narogong, makelar sekaligus pengusaha yang diketahui memiliki peran besar dalam kasus itu.

Pengalaman Novel dalam pengusutan kasus korupsi besar di Indonesia terbilang positif dan kredibel. Mantan aparat Polres Bengkulu itu pernah ditugaskan KPK dalam penyidikan terhadap kasus suap untuk 39 anggota DPR RI pada pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004 Miranda Goeltom. Di tangan Novel, Nunun Nurbaeti yang kabur dari luar negeri dipulangkan ke Indonesia.

Kemudian, Novel lah penyidik yang memulangkan Muhammad Nazaruddin yang kabur ke Cartagena Kolombia lantaran terjerat kasus korupsi Wisma Atlit dan Hambalang. Novel juga pernah ditugaskan dalam penyidikan kasus suap proyek penyesuaian infrastruktur daerah yang menyeret politikus PAN Wa Ode Nurhayati dan Fahd A Rafiq, Ketua AMPG.

Anda juga tentu ingat kasus Bupati Buol, Amran Batalipu yang divonis 7 tahun penjara lantaran menerima suap dari pihak swasta. Novel merupakan penyidik KPK yang sejak awal gencar membuka borok yang ada di dalam kasus penyuapan itu.

Selain itu, Novel juga turut membidani penyidikan terhadap kasus Pekan Olahraga Nasional di Riau. Dari penyidikan Novel, Mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal dijatuhi vonis 14 tahun.

Penyidikan Novel juga pernah mengguncang masyarakat sejagat nusantara. Novel berhasil menyeret  Akil Mochtar ke dalam bui. Saat itu, Akil duduk sebagai ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Novel makin dikenal tak pandang buluh dalam penegakan hukum terhadap koruptor. Buktinya, ia juga menyeret seniornya di lembaga kepolisian ke dalam penjara. Hal itu terlihat dalam kasus simulator SIM yang sukses menyeret mantan Kepala Korps Lintas Polri Inspektur Jenderal Djoko Susilo.

Air Keras untuk Novel, ICW: Presiden dan Kapolri Harusnya Beri Rasa Aman

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas