logo


Survei Median: Elektabilitas Anies-Sandi 49,8% Sedangkan Ahok-Djarot 43,5%

Survei yang dilakukan oleh Lembaga Media Survei Nasional (Median) menyebut elektabilitas Anies-Sandi unggul dibandingkan dengan pasangan Ahok-Djarot.

10 April 2017 13:20 WIB

Pasangan cagub dan cawagub DKI, Anies Baswedan dan Sandiaga uno bersama Basuki Tjahaja Purnama (ahok) dan Djarot Saeful Hidayat.
Pasangan cagub dan cawagub DKI, Anies Baswedan dan Sandiaga uno bersama Basuki Tjahaja Purnama (ahok) dan Djarot Saeful Hidayat. dok. Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Survei yang dilakukan oleh Lembaga Media Survei Nasional (Median) menyebut elektabilitas Anies-Sandi unggul dibandingkan dengan pasangan Ahok-Djarot.

Dari survei yang dilakukan oleh Median, pasangan Anies-Sandi mendapatkan angka elektabilitas sebesar 49,8% sedangkan elektabilitas Ahok-Djarot mendapatkan elektabilitas sebesar 43,5%. Sementara itu 6,7% responden lainnya tidak menjawab.

Daeng Aziz Datang ke Kampanye Anies, Ahok: Ada Dendam Kalijodo


Elektabilitas Ahok-Djarot Naik, PDIP Sebut Pemilih Makin Cerdas

Meski elektabilitas Anies-Sandi tinggi, namun responden lebih banyak yang menilai jika Ahok-Djarot lebih mampu membenahi Jakarta. Dalam soal itu, pasangan Ahok-Djarot mendapat angka 44,9% pemilih sedangkan pasangan Anies-Sandi mendapatkan angka sebesar 40,9%.

Dalam melakukan survei tersebut, Median mengumpulkan data pada tanggal 1-6 April 2017 dengan 1.200 responden. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling. Margin of error 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Buni Yani Yakin Dirinya Tak Akan Ditahan

Ahok: Gelombang Mulai Berbalik, Orang Mulai Sadar Saya Difitnah 

Sementara itu, alasan responden memilih Anies karena alasan rasional dan 60,4% karena alasan emosional dan 31,1% responden yang memilih karena alasan rasional. Sedangkan responden yang memilih Ahok sebanyak ada 67,1% karena alasan rasional, sedangkan 18,2% lainnya karena alasan emosional.

Ahmad Dhani: Sekarang Ada Penista Agama Terorisnya Diam

Alasan rasional misalnya kinerjanya terbukti dan berpengalaman, sedangkan alasan emosional antara lain tegas, peduli, seagama, dan merakyat. 

Kasus Sylviana Murni Dijamin Tak Pengaruhi Elektabilitas

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan