logo


Menteri Susi Sebut Satgas 115 Dicontek Negara Lain

Dengan kuatnya pengaruh Satgas 115 dalam memerangi pelaku ilegal fishing, memberi inspirasi bagi negara lain untuk membentuk tim yang sama.

10 April 2017 11:15 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa Satgas 115 (Satgas Pemberantasan illegal fishing) sudah menjalankan perannya dengan sangat baik dalam memerangi pelaku illegal fishing yang ada di tanah air.

“Satgas 115 ini sudah menjalankan fungsinya dengan sangat baik, terutama dalam memerangi pelaku illegal fishing di tanah air,” kata Susi di Jakarta, Senin (10/4).

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan kuatnya pengaruh Satgas 115 dalam memerangi pelaku illegal fishing, memberi inspirasi bagi negara lain untuk membentuk tim yang sama. Beberapa negara seperti Tiongkok dan Thailand saat ini tengah meniru kebijakan Indonesia untuk menyelesaikan masalah perikanan di negaranya, yakni dengan membentuk satuan tugas, seperti Satgas 115.


Susi Pudjiastuti: Perancis Salah Satu Negara Tujuan Ekspor Hasil Laut Indonesia

“Beberapa negara melakukan policy penangkapan ikan moratorium secara keras. Seperti Laos, Myanmar juga ikut buat Satgas. Kamboja juga sama. Thailand, China (Tiongkok) dan Vietnam juga ikutan moratorium kapal ikan,” demikian katanya.

Menteri Susi menuturkan, Tiongkok bahkan sudah sejak tahun lalu memberlakukan moratorium penangkapan ikan di perairannya. Hal itu membuat kapal-kapal ikan dari Negeri Tirai Bambu tersebut berlayar ke perairan jauh. Begitu pun dengan Thailand.

"Saya lihat China dan Thailand ketatkan penangkapan ikan luar biasa, China sudah moratorium. Terus apa kemudian boleh tangkap ikan di laut kita? Ya enggak boleh, kita tangkap,” ujarnya.

Menteri Susi menegaskan bahwa pihaknya akan terus memperkuat peran dari Satgas 115 dalam memerangi pelaku illegal fishing dan menjaga wilayah laut Indonesia.

Tenggelamkan Kapal di Ambon, Menteri Susi Sebut Ini Bukti Perairan Ambon Berdaulat

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan