logo


Setya Novanto dan Omongan "Beh, kalau soal e-KTP aman, Beh"

Ade Komarudin mengungkapkan bahwa Setya Novanto pernah menyinggung soal proyek e-KTP kepada dirinya saat Setya Novanto berkunjung ke rumah Ade Komarudin.

7 April 2017 05:00 WIB

Setya Novanto dan Ade Komaruddin.
Setya Novanto dan Ade Komaruddin. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Fraksi Partai Golkar di DPR, Ade Komarudin mengungkapkan bahwa Setya Novanto pernah menyinggung soal proyek e-KTP kepada dirinya saat Setya Novanto berkunjung ke rumah Ade Komarudin.

"Suatu saat Pak Nov ke rumah saya, bicara banyak hal. Tapi, soal ini sempat dia bilang, 'Beh, kalau soal e-KTP aman, Beh'," kata Ade dalam keterangannya sebagai saksi di persidangan dugaan korupsi proyek e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/4).

Ade Komarudin kemudian menjelaskan bahwa apa yang dikatakan oleh Setya Novanto bermaksud bahwa Partai Golkar tidak terkait dengan dugaan korupsi proyek e-KTP. Ade Komarudin memang sebelumnya sempat khawatir kalau-kalau Partai Golkar menerima aliran dana proyek e-KTP.


Setya Novanto dan Budi Waseso Ngopi Pagi Sambil Bahas Narkoba

"Alhamdulilah kalau aman, berarti partai tidak bubar," kata Akom, begitu biasa ia disapa.

Sebelumnya diberitakan, dugaan keterlibatan Setya Novanto dalam kasus itu terkuak dalam sidang perdana kasus dugaan korupsi pengadaan E-KTP pada Kamis, (9/3). Novanto disebut turut mendapatkan 11 persen atau Rp 574,2 miliar dari nilai proyek Rp 5,9 triliun bersama-sama dengan Andi Agustinus alias Andi Narogong, seorang pengusaha yang disebut-sebut 'berperan besar' dalam proyek pengadaan E-KTP.

Meski disebutkan dalam dakwaan jaksa pada sidang itu, Setya Novanto kerap membantah. Selain bersumpah tak terlibat dalam kasus itu, Novanto juga memberikan kesempatan kepada KPK untuk mengaudit rekening partai Golkar untuk membuktikan keterlibatannya.

"Saya sudah bersumpah saya tidak pernah menerima apapun dari e-KTP," tegas Novanto di Hotel Red Top, Pecenongan, Jakarta, Kamis (9/3).

Meski Terseret Kasus e-KTP, Golkar Tetap Dukung Setya Novanto

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan