logo


Siapa Pencetus Skenario Tabrak Pagar DPR? Ini Kata Polisi

Soal siapa yang paling dominan atau pemimpin dari aksi itu, Argo mengaku tak bisa memaparkan

6 April 2017 06:00 WIB

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pihak kepolisian telah mengamankan lima orang yang karena diduga kuat akan melakukan makar melalui aksi 313. Kelimanya adalah penggerak utama aksi 313, antara lain Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath, Zainudin Arsyad, Irwansyah, Dikho Nugraha dan Andre.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan, rencana makar yang diduga disiapkan Al Khaththath CS sudah direncanakan sejak lama. Bahkan, Al Khaththath diketahui telah melakukan pertemuan di Kalibata dan Menteng.

Lebih jauh, Argo menuturkan bahwa kelima orang tersebut juga telah menyiapkan skenario untuk melakukan aksi makar dengan menabrakan truk ke pagar Gedung DPR/MPR dan mendesak Presiden Joko Widodo dicopot.


Ini Jawaban Polisi Soal Dugaan Adanya Rekayasa dalam Penangkapan Tersangka Makar

Menurut Argo, skenario tersebut telah disepakati di pertemuan sebelum aksi makar. Dan yang mencetuskan, kata Argo, adalah kelima pelaku itu juga.

"Di pertemuan itu, ada kejadian seperti itu yang dibicarakan (menabrak pagar DPR). Yang mencetuskannya yo bareng sama-sama, di situ ya," kata Argo, Rabu (5/4).

Lebih jauh, ketika ditanya soal rekonstruksi yang digelar di Hotel Kempinski, Argo berkata bahwa hasilnya adalah mengetahui penempatan-penempatan pelaku saat aksi makar.

"Hasilnya kan cuma ingin mendudukkan posisi A di mana, B di mana, gitu aja yah," tuturnya.

Sementara, soal siapa yang paling dominan atau pemimpin dari aksi itu, Argo mengaku tak bisa memaparkan, karena menurutnya hal itu telah masuk dalam materi penyidikan.

 

Kata Polisi, Sekjen FUI Lakukan Rapat Pemufakatan Makar di Dua Tempat Ini

Halaman: 
Penulis : Riana