logo


Mentan Sebut Kedaulatan Pangan Sudah Membaik

Mentan menyebutkan bahwa sampai saat ini ketersediaan stok pangan sudah cukup untuk memenuhi kebuhan konsumsi masyarakat.

2 April 2017 13:09 WIB

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman, melakukan kunjungan kerja di Desa Samberan Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (8/3).  Kunjungan kerja Mentan ke Bojonegoro Jawa Timur tersebut bertujuan untuk melaksanakan panen raya sekaligus mengecek penyerapan beras dan gabah di wilayah kerja Bulog Subdrive III Bojonegoro.
Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman, melakukan kunjungan kerja di Desa Samberan Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (8/3). Kunjungan kerja Mentan ke Bojonegoro Jawa Timur tersebut bertujuan untuk melaksanakan panen raya sekaligus mengecek penyerapan beras dan gabah di wilayah kerja Bulog Subdrive III Bojonegoro. Puspen TNI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan bahwa saat ini kedàulatan pangan sudah baik. Hal ini disampaikannya ketika  menjadi pembicara (Keynote speaker) di acara Seminar Nasional dan Pra Loknas FKPTPI BKS Wilayah Timur dalam rangka Dies Natalis Ke-41 UNS dengan tema Peranan Sumber Daya Pertanian, Perkebunan dan Peternakan dalam mendukung Ketahanan Pangan Nasional di Auditorium UNS.

Mentan menyebutkan bahwa sampai saat ini ketersediaan stok pangan sudah cukup untuk memenuhi kebuhan konsumsi masyarakat.

"Jadi saat ini stok pangan kita cukup untuk memenuhi konsumsi masyarakat, tidak ada yang perlu di cemaskan," kata Amran seperti dalam keterangan tertulis, Minggu(2/4).  

Ia menjelaskan bahwa pada saat ini ketersediaan stok beras sudah mencapai 1,93 juta ton dan ketersediaan stok tersebut cukup besar bila di bandingkan dengan kisaran konsumsi masyarakat. "Kita targetkan ketersediaan stok kita bisa memenuhi permintaan hingga lebaran yang akana datang,” kata Mentan.

Lebih lanjut, Ia juga menyebutkan ketersediaan bawang merah dan cabai. Pasalnya karena produksi di tingkat petani melimpah, maka berdampak pada kondisi harga di pasar yang terus menurun.  “Sekarang harga bawang dan cabe terus turun, ini karena produksi kita sudah melimpah,”ujarnya.

Menurutnya dengan terus meningkatnya Produksi pangan, maka Indonesia tidak bergantung pada impor. “Kita sudah swasembada pangan dan kita upayakan langkah impor,” tukasnya.

Mentan Sebut Stok Daging Sapi Menjelang Idulfitri Aman

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Marselinus Gunas