logo


Tidak Hanya Kurang Tidur, Mata Panda Punya Faktor Penyebab Lainnya

Mata panda juga terjadi karena keturunan

2 April 2017 11:15 WIB

Ilustrasi, mata panda.
Ilustrasi, mata panda. net

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak orang berpikiran bahwa mata panda atau mata berjantung yang ada di bawah mata terjadi karena kurang tidur. Biasanya hal ini terjadi karena adanya penyumbatan pada sirkulasi darah di sekitar mata, sehingga terlihat seperti kantung mata yang berisi air. Dilansir dari infokesehatan, ternyata penyebab mata berkantung bukan hanya karena kurang tidur.

1. Genetik

Genetik merupakan salah satu faktor penyebab Anda mempunyai mata panda. Jika orang tua atau keluarga Anda ada yang memiliki lingkaran hitam, ada kemungkinan besar keturunannya mewarisi.


Resep Jitu Atasi ‘Mata panda’ dengan Bahan Alami

2. Obat

Obat-obatan tertentu, serta fluktuasi hormonal, dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan ini dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.

3. Stres

Stres ternyata bisa menjadi faktor utama dalam menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.

4. Kurang tidur

Sudah banyak diketahui bahwa kurangnya waktu istirahat dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam pada mata.

5. Usia

Setelah usia tertentu, kulit di bawah mata mungkin kehilangan elastisitas dan hal ini juga dapat menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam pada mata.

6. Memar

Lingkaran hitam bisa berkembang juga karena memar. Jika sering menggosok mata, kulit di daerah mata kemungkinan akan berpengaruh sehingga menyebabkan lingkaran hitam.

Demikianlah beberapa penyebab mata panda yang dapat berasal dari mana saja. Untuk menghindari munculnya mata panda, Anda sangat disarankan untuk menjaga pola istirahat dengan baik dan benar. 

Hindari Kebiasaan Ini Agar Terhindar dari Infeksi Mata Saat Pakai Softlens

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata