logo


Tekan Harga Pakan Ternak dengan Tanaman Turi

Harga pakan ternak yang relatif mahal, kini bisa digantikan dengan tanaman turi

1 April 2017 14:12 WIB

Peternakan sapi.
Peternakan sapi. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Bagi pengusaha peternakan, harga pakan untuk saat ini relatif mahal dan cenderung fluktuatif naik turun.

Sebaiknya, ganti pakan ternak yang biasa dibeli dengan pohon turi. Pasalnya, potensi kandungan dalam pohon turi baik untuk ternak ruminansia (sapi, kambing, domba) maupun non-ruminansia.

Pohon turi memiliki kadar protein kasar yang bagus untuk pertumbuhan ternak, sehingga akan membuat ternak cepat gemuk dan produksi meningkat. Meski demikian, pohon turi juga mempunyai sisi negatif yakni mempunyai zat anti-nutrisi untuk ternak. Oleh karenanya, sebelum memberikan pakan ini harus di olah terlebih dahulu.


Terapkan Teknologi TE, Kementan Berhasil Kembangkan Sapi Belgia Blue

Dalam hal ini, harus ada cara pengolahan yang tepat agar tidak menjadi boomerang bagi ternak kita. Cara mengolah pohon turi untuk pakan ternak cukup mudah, yakni ambil daun turi yang sudah kering, kemudian giling halus dan campurkan pada pakan ternak.

Tujuan mengambil daun yang kering adalah pakan ternak itu sudah melalui pengeringan yang berarti kadar air berkurang. Di dalam kadar air itu terdapat zat saponin yang berbahaya untuk ternak. Campuran pohon turi untuk pakan ini sebagai konsentrat pengganti bungkil kedelai.

Dirjen PKH Kementan Resmikan Ranch Sapi Potong di Sumbar

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari