logo


Al Khaththath Diperiksa Polisi, Fadli Zon Kecewa

Menurut Fadli, keputusan tersebut merupakan sebuah tindakan pelarangan dan penghalang demokrasi.

31 Maret 2017 15:44 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengungkapkan kekecewaannya terkait penangkapan Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath dan beberapa aktivis penggerak aksi 313. Menurut Fadli, keputusan tersebut merupakan sebuah tindakan pelarangan dan penghalang demokrasi. 

"Nah, ini saya mendengar sayup-sayup dan sungguh mengherankan kalau ada penangkapan-penangkapan seperti sebelum Aksi 212. Kalau itu terjadi, saya kira ini bagian dari pemberangusan demokrasi," kata Fadli di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (31/3/2017).

Fadli menyebut kejadian serupa sempat terjadi menjelang aksi 212. Kala itu aktivis Sri Bintang Pamungkas juga diamankan pihak kepolisian dan ditahan selama empat bulan dengan tuduhan makar. Oleh karenanya, Fadli tidak ingin hal serupa terjadi kembali.


Kompaknya Fadli dan Fahri, Tak Akan Ikut Aksi 212 Karena Ini..

"Dulu (Sri Bintang Pamungkas) dugaan makar juga enggak jelas. Bahkan ditahan empat bulan lebih, tanpa ada kejelasan statusnya. Saya kira itu enggak boleh lagi terjadi," tukas Fadli. 

Sebelumnya, Al Khaththath bersama empat orang lainnya dicokok polisi karena diduga terlibat kasus pemufakatan makar, dalam hal ini menggerakkan massa untuk melakukan aksi 313 tanpa menyertakan pemberitahuan yang jelas. Sejak ditangkap pada Kamis malam (30/3), kelima orang tersebut hingga kini masih diperiksa di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. 

Ahmad Dhani : Sri Bintang Sangat Mencintai Negara

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari