logo


Tim Pemenangan Ahok-Djarot Tantang Anies Larang Aksi 313

Menurut Raja, sebagai pemimpin memiliki ilmu Islam yang cukup kuat, Anies sedianya menentang aksi demonstrasi hari ini.

31 Maret 2017 11:44 WIB

Raja Juli Antoni.
Raja Juli Antoni. Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tim pemenangan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat menantang Anies Baswedan untuk terus mempertahankan nilai kebangsaan dengan cara melarang aksi demonstrasi 313 yang rencananya akan dilakukan hari ini, Jumat, tanggal 31 Maret 2017.

"Anies kan bicara bahwa dia pemimpin yang terus menerus menenun kebangsaan. Saya kira ini hari baik untuk Anies, bahkan dari kemarin untuk menunjukkan itu bukan retorika saja. Kalau Anies (mau) merekatkan nilai kebangsaan, dia bisa melarang aksi ini," ungkap juru bicara tim Ahok-Djarot, Raja Juli Antoni, di Rumah Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (31/3).

Raja pun mengutip istilah dalam ilmu fiqih, 'Ijma Sukuti' yang artinya 'diam berarti setuju'. Oleh karena itu, sebagai pemimpin yang dinilai Raja memiliki ilmu Islam yang cukup kuat, Anies sedianya menentang aksi demonstrasi hari ini.


"Saya Tidak Yakin Anies Bisa Berhentikan Pak Ahok"

"Kalau Mas Anies diam maka dia setuju aksi ini. Coba tanya Mas Anies apa dia setuju. Kalau dia pemimpin harusnya menolak. Kalau pro kebhinekaan, dia mestinya bisa melarang tegas. Karena itu bentuk intimidasi dalam demokrasi. Tindakan yang mengurangi level kebebasan itu bisa dikecam," ujarnya.

Raja menganggap demo 313 hari ini tidak relevan. Apalagi pernyataan tegas Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin, yang menyebut aksi hari ini sarat dengan isu politis, sehingga MUI pun melarang.

Seperti diketahui, aksi demonstrasi 313 hari ini rencananya digelar oleh sejumlah ormas islam, salah satunya adalah Forum Umat Islam (FUI) usai ibadah salat Jumat. Aksi tersebut digelar untuk menuntut Presiden RI, Joko Widodo, segera memberhentikan Ahok dari jabatannya karena telah berstatus sebagai tersangka pada kasus dugaan penistaan agama.

Soal Aksi 313, Wakil Ketua MPR: Sah-sah Saja

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Nugrahenny Putri Untari