logo


PSSI Siap Terima Sanksi dari FIFA Lagi?

Pihak PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1 akan memberlakukan regulasi pergantian pemain sebanyak lima kali, yang mana bertentangan dengan regulasi FIFA. Apakah yang akan terjadi?

31 Maret 2017 11:06 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gojek Traveloka Liga 1 akan memberlakukan regulasi tentang diperbolehkannya satu tim melakukan pergantian pemain sebanyak lima kali selama satu pertandingan. 

Tujuan regulasi tersebut adalah memberikan lebih banyak kesempatan kepada para pemain untuk bersinar dan menunjukkan bakatnya. Dengan pergantian pemain sebanyak lima kali, diharapkan para pemain muda mendapatkan kesempatan tampil dengan lebih merata. 

Akan tetapi, pada kenyataannya, regulasi tersebut bertentangan dengan Rules of the Game FIFA dan International Football Association Board (IFAB) yang hanya mengizinkan pergantian pemain sebanyak maksimal tiga orang. Pergantian pemain lebih dari tiga kali hanya diperbolehkan dalam pertandingan-pertandingan non-resmi dan kompetisi kelompok umur.


Agar Tak Ditangkap Aparat, Simpatisan Rela Jaga Rizieq Shihab 24 Jam

Apa yang akan terjadi jika PSSI tetap ngeyel memberlakukan regulasi yang jelas-jelas bertentangan dengan ketentuan FIFA? 

Terkait regulasi pergantian lima pemain pada Liga 1, pihak PSSI mengaku telah memberikan informasi kepada FIFA. 

"Kami sudah berkomunikasi secara informal, segera kami akan mengirimkan surat resmi," ujar Joko Driyono, Wakil Ketua Umum PSSI, di Jakarta, Kamis (30/3/2017). 

Meskipun pihak FIFA belum memberikan lampu hijau, Joko yakin regulasi pergantian lima pemain ini akan disambut baik. Pasalnya, regulasi ini ditetapkan untuk mencari bibit-bibit muda berprestasi, sehingga FIFA diyakini akan memberikan respons positif. 

Pemerintah Bakal Serius Bangun Sepak Bola Nasional, Begini Taktiknya

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari