logo


Susi Pudjiastuti: Perancis Salah Satu Negara Tujuan Ekspor Hasil Laut Indonesia

Perancis menjadi pasar tujuan ekspor komoditas.

30 Maret 2017 12:58 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susis Pudjiasuti menerima kunjungan Presiden Perancis François Hollande.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susis Pudjiasuti menerima kunjungan Presiden Perancis François Hollande. Dok. Humas KKP

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti, mengatakan Perancis merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan ekspor hasil laut Indonesia. Oleh karena itu, menurutnya penting bagi pemerintah untuk terus berupaya memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Perancis di sektor maritim sebagai kemitraan strategis.

"Kita harus terus memperkuat hubungan kita dengan negara-negara sahabat termasuk Perancis," demikian kata Susi Pudjiastuti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Kamis (30/3/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan langkah kerja sama ini kembali diperkuat dengan telah disepakatinya Joint Statement on Maritime Cooperation oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Perancis François Hollande di Istana Negara Jakarta, Rabu (29/3).


KKP Tingkatkan Perlindungan HAM ABK di Sektor Industri Perikanan

Ia juga menjelaskan, selama ini hubungan kemitraan perdagangan hasil perikanan Indonesia dan Perancis sudah terjalin cukup baik. Perancis menjadi pasar tujuan ekspor komoditas seperti udang, kepiting/rajungan, tuna/cakalang/tongkol, rumput laut, cumi-cumi/sotong/gurita, siput, serta lele dari Indonesia. Sebaliknya Indonesia mengimpor produk ikan olahan dari Perancis.

Menurut Susi, Potensi kerja sama Indonesia dan Perancis masih cukup besar. Indonesia membidik dukungan Perancis secara bilateral dan multilateral dalam menanggulangi kejahatan perikanan terorganisir lintas negara. Selain itu, Indonesia juga membutuhkan perluasan akses pasar produk kelautan dan perikanan Indonesia ke Perancis dan dukungan Perancis dalam upaya Indonesia mendapatkan penurunan tarif bea masuk produk perikanan ke Uni Eropa. Prancis juga diharapkan berinvestasi dalam pengolahan produk perikanan, perlindungan laut, dan peningkatan kapasitas SDM Indonesia.

"Saya sangat berharap kerja sama maritim Indonesia-Perancis ke depannya secara konkret dapat dioperasionalkan, baik melalui pemberantasan IUU Fishing, promosi investasi dan pemasaran produk perikanan Indonesia, serta bidang-bidang kerja sama maritim lainnya. Kesamaan Indonesia dengan Perancis tentunya sama-sama mengedepankan sustainability dari ekologi dan food security," demikian kata Susi.

Menteri Susi juga menilai, pemanfaatan sumber daya perikanan merupakan syarat yang sangat penting dalam pertumbuhan industri kelautan dan perikanan Hal ini dilakukan supaya seluruh dunia bisa membangun ekonomi yang berkelanjutan.

"Laut itu tentunya menjadi perhatian khusus bagi dunia. Dalam hal ini Perancis dan Indonesia sudah sangat perlu bekerjasama. Saya yakin sebagai negara maritim, Indonesia dengan Perancis dapat saling mendukung satu sama lain," tukas Susi. 

Ini yang Dilakukan Presiden François Hollande ketika Mengunjungi KKP

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari