logo


Soal Program DP Rumah 0% Anies-Sandi, Pengamat Perumahan: Jakarta Bisa Bangkrut!

Jehansyah menilai, program Anies-Sandi itu masih belum jelas, bahkan ia menganggap program DP nol persen hanya wacana yang tak konkret.

30 Maret 2017 07:00 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. dok. Rumahku.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Program pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, yang akan memberlakukan uang muka atau down payment (DP) nol persen untuk kredit perumahan tengah disoroti berbagai kalangan. Tak terkecuali oleh pengamat perumahan sekaligus arsitek dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Jehansyah Siregar.

Jehansyah menilai, program Anies-Sandi itu masih belum jelas, bahkan ia menganggap program DP nol persen hanya wacana yang tak konkret.

Menurutnya, DP nol persen juga belum bisa dibilang program perumahan, melainkan hanya gimmick yang mencitrakan ingin meringankan cicilan rumah.


Terkait Program 'Rumah Tanpa DP' Anies-Sandi, Pengembang Angkat Suara

"Ini hanya seperti gimmick mencitrakan ingin meringankan cicilan rumah. Programnya belum jelas seperti apa dan berbahaya kalau diterapkan. Hanya seperti cek kosong," ungkap Jehansyah, Rabu (29/3).

Lebih jauh, Jehansyah menyebut, program kepemilikan rumah dengan DP nol persen masih sangat mentah dan lemah. Tak hanya itu, dari segi pembiayaan perumahan juga masih belum jelas.

Misalnya, tentang struktur pembiayaan, suku bunga, ketersediaan tanah, pasar sasaran, hingga serta mekanisme yang konkret. Bahkan keterlibatan Pemprov DKI dalam program kepemilikan rumah dengan DP nol persen juga tak jelas.

"Jika subsidi penuh, Jakarta bisa bangkrut. Kalau pakai sumber dana komersial maka pasti merugikan bank. Kalau konsepnya rumah milik, program subsidi pasar rumah komersial, lokasi, sasaran, mekanisme penyediaan, dan kelembagaannya juga masih belum jelas," pungkas Jehansyah, seperti diwartakan KompasProperti.

 

Soal Skema Program Rumah Tanpa DP, Begini Jawaban Anies

Halaman: 
Penulis : Riana