logo


Hati-hati, Jarang Berkeringat Bisa Bikin Hipertensi

Tubuh yang jarang mengeluarkan keringat akan mengakibatkan tubuh terancam rentan penyakit

29 Maret 2017 15:39 WIB

Tubuh yang tidak berkeringat berpotensi terkena penyakit
Tubuh yang tidak berkeringat berpotensi terkena penyakit Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tubuh yang merasakan kepanasan atau sedang merasakan gugup seringkali membuat produksi keringat meningkat. Tetapi, ada juga orang yang jarang mengeluarkan keringat pada kondisi apapun. Ternyata hal ini cukup membahayakan, dilansir dari infokesehatan ada banyak ancaman penyakit yang dapat menimpa orang-orang yang jarang berkeringat.

1. Jerawat

Keringat yang keluar bermanfaat menghilangkan racun dalam pori-pori kulit. Jadi ketika keringat tidak bisa keluar dari kulit maka bisa jadi kulit Anda akan mudah berjerawat.


Canggih! Cek Influenza Cukup Pakai Smartphone

2. Batu ginjal

Racun di dalam tubuh yang tidak keluar dapat berpotensi mengalami penyakit batu ginjal. 

3. Penuaan dini

Selain mengeluarkan racun dalam tubuh, keringat yang keluar juga membantu melancarkan aliran darah dan menjaga elastisitas kulit. Sebaliknya, jika Anda tidak berkeringat dapat membuat kulit lebih mudah kusam dan keriput. 

4. Hipertensi

Tidak berkeringat dapat membuat kadar natrium dalam tubuh menjadi berlebihan, sehingga berpotensi menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

5. Luka sulit sembuh

Ternyata keringat yang keluar dapat mempercepat penyembuhan luka, hal ini dikarenakan kelenjar ekrin akan aktif dan mengaktifkan sel sehingga luka lebih cepat sembuh. Alhasil jika tubuh tidak mengeluarkan keringat juga akan membuat luka akan susah sembuh.

6. Penyakit serius

Keringat yang keluar juga akan membantu tubuh mengeluarkan racun yang tidak sehat, seperti natrium dan kolesterol. Jadi ketika tubuh tidak mengeluarkan keringat, Anda akan terancam mengalami penyakit serius.

7.Stres

Saat Anda berolahraga, produksi hormone endorphin akan aktif secara otomatis, endorphin sendiri adalah zat yang mampu mengeluarkan perasaan bahagia. Jika Anda jarang berkeringat, maka akan rentan mengalami stres

8. Kekebalan tubuh turun

Racun yang tidak keluar dari tubuh dan mengendap pada tubuh, tentu akan membuat tubuh tidak sehat dan kekebalan tubuh akan menurun. Hal ini akan berakibat tubuh akan mudah sakit. 

Mendeteksi Penyakit dengan Lidah

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata