logo


DPR Berharap Timsel KPU Berikan Penjelasan Soal Seleksi Komisoner

Politisi Golkar ini berharap Timsel memberikan jawaban dengan beberapa isu yang berkembang, seperti KPU inkamben yang mendaftar lolos semua.

29 Maret 2017 15:40 WIB

Anggota Komisi II DPR RI, Hetifah Sjaifudian.
Anggota Komisi II DPR RI, Hetifah Sjaifudian. Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi II DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan, pemanggilan panitia seleksi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelum melakukan proses fit and proper test anggota KPU dan Bawaslu adalah untuk mendengar langsung tahapan-tahapan seleksi yang sudah dijalankan oleh Timsel KPU.

"Sebelum melakukan proses uji kelayakan dan kepatutan, DPR ingin mendengar langsung tahapan-tahapan seleksi apa saja yang sudah dijalankan oleh Timsel dan apakah mereka sudah melaksanakan tugasnya secara terbuka dengan melibatkan partisipasi masyarakat sesuai amanat Undang-undang," ujarnya di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (29/3).

Menurutnya di dalam pemanggilan Timsel KPU tersebut juga untuk mengetahui, apakah dalam melaksanakan tugasnya Timsel telah dibantu dan sudah berkoordinasi dengan lembaga yang memiliki kompetensi pada bidang yang diperlukan, seperti kepolisian, PPATK, BNN dan lain-lain untuk menelusuri rekam jejak setiap calon.


Sebut Airlangga Capres Adalah Amanat Munas, Golkar: Tidak Bisa Kita Rubah

"DPR juga ingin memastikan bahwa Timsel tidak melakukan tindakan yang bersifat diskriminatif terhadap bakal calon, seperti mereka yang memiliki kebutuhan khusus dan penyandang disabilitas," tutur Hetifah.

Politisi Golkar ini berharap Timsel memberikan jawaban dengan beberapa isu yang berkembang, seperti KPU inkamben yang mendaftar lolos semua.

"Apakah karena kelimanya sepakat menguji ketentuan konsultasi dengan DPR di MK, Sedangkan mengapa Bawaslu incumbent yang mendaftar kesemuanya tidak diloloskan oleh Timsel? Apa pertimbangannya," tuturnya.

Selain itu, Timsel diharapkan bisa menunjukkan salinan berkas administrasi setiap bakal calon, atau fakta-fakta lain terkait calon jika dirasa DPR masih ada kekurangan.

Di luar alasan-alasan tersebut, tentu saran-saran dari Timsel bagaimana agar proses pemilihan oleh DPR bisa berjalan baik, akan sangat berharga. Kita semua berharap rapat DPR dengan Timsel akan berlangsung baik sehingga proses Fit and Proper Test akan berjalan sesuai rencana dan menghasilkan nama-nama Anggota KPU dan Bawaslu yang memiliki integritas dan keahlian, sehingga mampu menjalankan tugasnya untuk menyelenggarakan semua tahapan Pemilu dengan baik," tukasnya.

Ajak PDIP-Demokrat Gabung KIB, Airlangga: Politik Kan Selalu Ada Kemungkinan

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Syukron Fadillah