logo


Produksi Meningkat, Harga Cabai di Pasar Cenderung Menurun

Pasalnya pada saat ini timbul keresahan dari para pedagang di pasar akan terus menurunnya harga cabai.

29 Maret 2017 14:01 WIB

Pedagang menata cabai merah.
Pedagang menata cabai merah. Dok. Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ali (32) salah satu pedagang cabai rawit merah di Pasar Senen Blok III-V1 Jakarta Pusat, meminta kepada pemerintah untuk menjaga kestabilan harga cabai di tanah air. Pasalnya pada saat ini timbul keresahan dari para pedagang di pasar akan terus menurunnya harga cabai.

"Harga cabai sekarang terus menurun mas, sebelumnya bisa mencapai 80 hingga 90 ribu/kg, sekarang hanya 70 ribu per kg dan kecenderungannya terus menurun," demikian kata Ali kepada Jitunews.com di pasar Senen Blok III-V1 Jakarta Pusat, Rabu(29/3).

Lebih lanjut, ia mengakui bahwa ada keresahan dari para pedagang di pasar akan tren penurunan harga cabai tersebut.


Peran Pemuda Majukan Pertanian di Indonesia Makin Nyata

"Kalau harganya terus menurun kami pasti rugi, apa lagi stok cabai terus bertambah di gudang-gudang pasar," demikian katanya.

Ia berharap agar pemerintah bisa menstabilkan harga cabai sehingga para pedagang di pasar tidak rugi.

"Harapannya agar harga tetap bisa stabil," katanya.

Dari hasil pantauan Jitunews.com, untuk harga cabai per Rabu (29/3), di Pasar Senen Jakarta pusat untuk cabai rawit merah berada di kisaran Rp 70.000 per kg, cabai rawit hijau Rp 50.000 per kg, cabai merah besar Rp 30.000 per kg dan cabai merah keriting Rp 30.000 per kg.

Sebelumnya Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sujono mengatakan bahwa pada saat ini banyak cabai petani yang sedang memasuki masa panen.

Ia memperkirakan dengan panennya cabai para petani maka kebutuhan konsumsi masyarakat akan terpenuhi dan gudang-gudang penyimpanan di pasar akan melimpah dengan ketersediaan cabai petani.

Periode Maret 2018: Harga Menguat, BK CPO Nol, BK Kakao 5%

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah