logo


Penentuan Harga Eceran Minyak Goreng Curah Tak Pengaruhi Pasar

Andi salah satu pedagang minyak goreng di Pasar Senen Blok III-V1 Jakarta Pusat mengaku bahwa penetapan harga yang dilakukan oleh pemerintah sangat rendah.

29 Maret 2017 13:14 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah pada saat ini terus melakukan sejumlah strategi guna menjaga kestabilan harga komoditas pangan di tanah air. Pasalnya salah satu komoditas yang juga ikut memberi sumbangan pada kenaikan inflasi adalah minyak goreng curah.

Dari hasil pantauan Jitunews.com di Pasar Senen Blok III-V1 Jakarta Pusat ditemukan bahwa kisaran harga minyak goreng curah masih cukup tinggi bila dibandingkan dengan harga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk harga per hari ini, Rabu (29/3) harga minyak goreng curah mencapai Rp 16.000 per liter, sementara harga yang ditetapkan oleh pemerintah hanya mencapai Rp 10.500 per liter.


Kementan: Pupuk 2020 Cukup

Andi salah satu pedagang minyak goreng di  Pasar Senen Blok III-V1 Jakarta Pusat mengaku bahwa penetapan harga yang dilakukan oleh pemerintah sangat rendah.

"Kalau harganya Rp 10.500 per liter kami pasti rugi mas, makanya kami tetap mempertahankan harga seperti saat ini," demikian kata Andi kepada Jitunews.com, Rabu (29/3). 

Lebih lanjut, ia berharap kepada pemerintah agar dalam menetapkan kisaran harga jual bahan pokok harus terlebih dahulu melihat kondisi di pasar, dan mencari titik temu harga yang bisa menguntungkan semua pihak.

"Kalau harganya langsung di perkirakan seperti itu, kami(pedagang) pasti rugi," katanya.

Seperti diketahui bahwa penetapan harga tersebut dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga tingkat inflasi yang akan disumbangkan dari kenaikan harga bahan pokok.

Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah