logo


Selamat Hari Raya Nyepi, Ini 5 Makanan Tradisional Saat Nyepi

Ayam Betutu menjadi salah satu makanan khas saat hari raya Nyepi

28 Maret 2017 10:18 WIB

istimewa

DENPASAR, JITUNEWS.COM Hari ini merupakan peringatan hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 bagi umat Hindu. Selain melakukan sembayang dan berdoa, ada beberapa makanan khas yang lezat untuk bersantap bersama. Berikut ini merupakan makanan tradisional saat Nyepi :

1. Entil

Entil merupakan makanan tradisional masyarakat desa Wongaya Gede yang dibuat khusus pada hari raya Nyepi. Makanan ini sejenis ketupat yang dibuat dari beras kemudian dibungkus daun lalu diikat dengan bambu. Proses perebusan yang semakin lama membuat rasanya akan semakin nikmat dan dapat bertahan lama. Entil menjadi makanan khas pada saat nyepi karena masyarakat Hindu tidak boleh menyalakan api saat perayaan tersebut.


Eat Your Heart Out, Ornamen Kuliner Bagi Mereka yang Sakit Hati

2. Nasi Tepeng

Makanan khas yang kedua dan hanya dapat dijumpai pada saat Nyepi adalah nasi tepeng. Makanan iniberasal dari Gianyar Bali danmempunyai cita rasa yang pedas karena di atasnya diberi rempah-rempah.

3. Pulung Nyepi

Hidangan ini berasal dari desa Sukasada, Bali. Jajanan ini ada sehari sebelum hari raya Nyepi atau bisa disebut dengan hari Pengerupukan bagi umat Hindu. Bahannya terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung kanji kemudian di uleni. Kukus hingga matang dan sajikan dengan parutan kelapa.

4. Lawar

Makanan ini merupakan hidangan wajib saat Nyepi tiba. Penamaan lawar sendiri tergantung dari bahan dasarnya. Misalnya menggunakan daging berarti lawar daging, jika menggunakan sayur nangka bisa disebut dengan lawar nangka.

5. Ayam Betutu

Berikutnya merupakan hidangan khas yang populer yakni ayam betutu. Diracik dengan bumbu khas Bali, cita rasa dari makanan ini sungguh lezat untuk dinikmati bersama saat hari raya Nyepi tiba.

Kemasan Kurang Cantik Penyebab Hilangnya Pamor Kuliner Nusantara

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari