logo


Kenalkan Seni Karawitan Sejak Dini, Sudarta : Daripada Liburan Pada Main di Sungai

Tujuan dari memperkenalkan seni karawitan sejak dini adalah untuk melestarikan kebudayaan

27 Maret 2017 15:48 WIB

Latihan Karawitan di SD N 1 Banyuanyar
Latihan Karawitan di SD N 1 Banyuanyar solo web

BOYOLALI, JITUNEWS.COM - Sudarta, Pembina Karawitan di Sekolah Dasar Negeri (SD N) 1 Banyuanyar, Ampel, Boyolali mengatakan akan menambah intensitas latihan karawitan untuk anak-anak karena ingin menambah materi pelajaran.

"Latihannya kami tambah waktunya dengan penambahan materi gendhing, sehingga ada beberapa gendhing yang sudah dipelajari oleh anak-anak, misalnya ricik-ricik dan lancaran lainnya,"ujarnya bersama Tim Guru SD N 1 Banyuanyar.

Tujuan dari latihan karawitan bagi anak SD ini adalah tak lain untuk melestarikan budaya serta mengisi waktu setelah pulang sekolah. Selain itu juga untuk memupuk minat dan bakat anak sejak dini.


Lezatnya Onde-onde Ketawa Khas Boyolali Ini Bikin Nagih

Seperti yang dikutip dari website resmi Desa Banyuanyar, Boyolali, rencananya karawitan itu akan dipentaskan. Sementara itu, latihan dilakukan dari siswa pilihan kelas 1 hingga kelas 5. Mereka sangat antusias untuk mengikuti latihan, namun tempat untuk berlatih sangat sederhana.

Sudarta, lebih lanjut berharap pemerintah agar membangun gedung serba guna yang lebih layak untuk latihan.

"Mereka baru anak-anak SD kelas dua hingga kelas lima, daripada liburan pada bermain di sungai, jadi waktu latihan kami tambah, dua kali seminggu," tambahnya.

Mau Ijab Di KUA, Pasangan Ini Malah Ditinggal Petugas Pergi

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari