logo


Susi Pudjiastuti Harapkan Kontribusi Dunia dalam Mengatasi Pelanggaran HAM di Sektor Kelautan

Susi berharap agar lahir sebuah gerakkan bersama dunia internasional dalam mencegah dan memberantas setiap perilaku kejahatan kemanusiaan di wilayah laut.

27 Maret 2017 14:43 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. kkp.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja, sudah melakukan sejumlah langkah strategis guna mencegah praktek perdagangan manusia (human trafficking) dan praktek pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di wilayah laut tanah air.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, mengatakan bahwa semangat perlindungan terhadap korban perdagangan orang dan upaya pencegahan pelanggaran HAM sebenarnya tidak hanya menjadi fokus Indonesia tetapi harus menjadi kesadaran baru dan kehendak politik yang kuat dari dunia internasional.

"Permasalahan praktik perdagangan orang pada usaha perikanan dan praktik pelanggaran HAM merupakan masalah semua negara di dunia. Maka seharusnya masalah ini menjadi perhatian dunia internasional," demikian kata Susi, di Jakarta, Senin (27/3/2017).


Menteri Susi Serukan Akademisi Jadi Agen Perubahan Sektor Kelautan dan Perikanan

Menurutnya, masalah kemanusiaan di sektor kelautan sudah sangat marak terjadi, yang mana di daerah laut sering terjadi perdagangan manusia, pelanggaran HAM terhadap Anak Buah Kapal (ABK).

"Hal semacam ini bukan hanya terjadi pada nelayan atau ABK asal Indonesia, tetapi hampir di semua negara," lanjutnya.

Susi berharap agar lahir sebuah gerakkan bersama dunia internasional dalam mencegah dan memberantas setiap perilaku kejahatan kemanusiaan di wilayah laut.

Seperti diketahui, di Indonesia sendiri, pihak KKP bekerjasama dengan semua lembaga terkait dan juga SATGAS 115 telah melakukan sejumlah langkah konkret guna mengawasi serta mencegah terjadinya tindakan kejahatan kemanusiaan di wilayah laut tanah air, termasuk pengawasan dan patroli rutin yang dilakukan oleh Bakamal dan Satgas 115.

KKP Kembangkan Budidaya Laut Lepas Pantai

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari