logo


Mengulik Sosok DJ Berhijab Nan Cantik Asal Solo, Ariska Wigatiningtyas

Chika ternyata mengidolakan Maia Estianty

25 Maret 2017 06:30 WIB

Female disc jockey (FDJ), Ariska Wigatiningtyas alias Chika.
Female disc jockey (FDJ), Ariska Wigatiningtyas alias Chika. FB Ariska Wigatiningtyas

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jagat dunia maya, khususnya pengguna Instagram dan YouTube, baru-baru ini dihebohkan dengan video seorang wanita berhijab yang mahir menjadi female disc jockey (FDJ), bernama Ariska Wigatiningtyas alias Chika.

Aksi gadis asal Kota Solo itu sebagai FDJ pun langsung mendapat ragam komentar pro kontra dari netizen. Tentu saja, karena penampilannya yang 'lebih sopan' dibanding dengan FDJ lazimnya yang cenderung seksi. Terkait hal itu, gadis kelahiran Lampung 20 tahun yang lalu itu pun angkat suara.


Keren! Kelompok Tani Ini Berhasil Ciptakan Mesin Pengolahan Kopi Sendiri

"Sebenarnya masalah ini sudah viral dua bulan yang lalu, pada bulan Januari. Saya sudah klarifikasi melalui Instagram saya dan setelah itu sudah mereda. Tapi saya gak tau kenapa ini viral lagi," ungkap Chika, di Solo.

Dikatakan Chika, menjadi seorang DJ membutuhkan konsentrasi dan kontrol penuh. Untuk itu, ia pun selalu berdisiplin diri agar bisa terus berkarya.

Tak hanya itu, Mahasiswi semester 6 jurusan Farmasi Universitas Setia Budi Solo ini juga tak menerima job manggung di klub malam atau pun diskotik. Anak dari pasangan Sukarno dan Eka Budi Winarni ini lebih memilih untuk bekerja di acara bertajuk budaya atau pementasan lainnya. Ia juga tetap konsisten mengenakan hijab yang sudah dipakainya sejak kecil untuk mencegah pengaruh buruk. 

"Dari kecil saya sudah memakai jilbab. Jadi bukan untuk cari sensasi atau untuk mendongkrak popularitas. Saya juga menolak untuk pentas di klub malam, hanya event budaya atau pementasan lainnya saja," beber Chika, seperti dikutip dari merdekacom, belum lama ini.

Yang mengejutkan, gadis yang mahir bermain gitar ini mengaku bahwa sosok DJ yang menginspirasinya untuk menggeluti musik electronic dance music (edm) ini adalah Maia Estianty.

"Saya banyak terpengaruh gaya musik Maia Estianty kalau di genre edm. Kalau lihat Maia, banyak teknik DJ yang saya ambil, meski saya tidak begitu mengidolakannya," ungkapnya.

Terkait cibiran yang menerpanya, Chika merasa hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa. Ia tak ambil pusing dan patah semangat karena cibiran tersebut. Justru dia menjadikannya pelecut semangat agar lebih banyak berkarya.

"Bagi saya cibiran itu biasa. Memakai hijab itu tidak menghalangi berkarya. Sebisa mungkin saya tidak melalaikan ajaran agama meski hobi yang saya geluti ini kurang diterima di masyarakat. Kalau tidak suka melihat saya pentas ya dengarkan saja musiknya," tutur Chika.

Meski telah memberi klarifikasi dan konfirmasi, namun tetap saja netizen masih banyak yang mengecamnya. Kecaman itu terlihat di kolom komentar akun facebook Chika.

"Kalau mau bermain di dunia malam apalagi musik laknat seperti DJ, gak usah bawa2 Islam, malah itu merusak citra Islam," komen Aryo Rambu Rabbani.

"Maaf ka ariska... Tapi benar saya benar2 sedih dan marah atas sikap kaka.... Kalau ingin ngedje silahkan itu hak anda, tapi jangan bawa niqab tau cadar dalam perform anda kak.... Akibat ny kepada Para wanita yang berniqab, anda coba rasakan bagaimana sakit ny manahan hinaan yang orang lontarkan kepada mereka, dan sekarang di tmbah dengan perlakuan anda.... Nauzubillah...... (emoji)," tulis akun Zahara Cheeks.

"Assalamualaikum ukhty.... Dgn sangat mnta tlg klo nge DJ jgn pake niqob... Anda sepertinya blm memahami benar mnjadi wanita yg sholeha sperti apa? Sesuaikan alqur'an dan hadist ukhty... Musik itu haram... Agama anti muslim kah? Jgn kan dJ selfie aj ga boleh aplgi yg ky anti ini... Astagfirullah.... Inget pertanggungjawaban d akhirat nnti," tukas akun Ummu Mohammad Alvaronizam Setiawan.

Keren!! Ikan Nila Danau Toba Melenggang ke Pasar ASEAN Hingga AS

Halaman: 
Penulis : Riana