logo


Cek! Deteksi Kanker Cukup Pakai Air Liur

Kanker merupakan penyakit mematikan yang berbahaya di indonesia

24 Maret 2017 17:10 WIB

Ilustrasi tes air liur.
Ilustrasi tes air liur. healthcaretimes.co.uk

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya di dunia. Banyak orang yang meninggal akibat terkena penyakit ini. Merujuk pada WHO, kanker merupakan penyakit mematikan nomor dua dengan angka korban mencapai 8,8 juta orang meninggal.

Pencegahan kanker bisa dideteksi sejak dini. Pasalnya, Ilmu kedokteran menyebut bahwa tes air liur bisa mendeteksi kanker. DIlansir dari dailymail, tes air liur bisa mendeteksi jenis kanker secara bersamaan.

"Satu kali tes air liur memungkinkan bisa mendeteksi dini lebih dari satu jenis kanker secara bersamaan," ungkap David Wong pakar dari university Los Angles


Dibalik Nikmatnya Bubble Tea, Ada Banyak Bahaya Mengancam Kesehatanmu

Dalam air liur terdaoat jejak asam ribonukleat (RNA) dari sel-sel kanker. Menurut David, hanya butuh waktu singkat yakni sekitar 10 menit untuk dapat mendeteksi kanker melalui air liur. 

Tes air liur juga disebut dengan Liquid Biopsi yang dapat digunakan dengan mudah. Biaya sekali tes cukup murah yakni hanya sekitar Rp. 248.000.

Rencananya tes tersebut akan bisa dinikmati oleh publik dalam waktu dekat. David menambahkan, Ia menguji alat tersebut di China dengan pasien kanker paru-paru yang cukup banyak.

Konsumsi Sayap Ayam Bisa Sebabkan Kanker? Ini Penjelasan Dokter

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari