logo


Anies Ingin Majukan Kota Jakarta dengan Open Goverment

Anies menyebut bahwa sekarang sudah bukan lagi era Good Goverment tapi masuk ke era Open Goverment

24 Maret 2017 15:58 WIB

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pidato dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi di Jalan Cicurug, Jakarta Pusat, Jumat (9/12).
Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pidato dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi di Jalan Cicurug, Jakarta Pusat, Jumat (9/12). Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan hari ini, jumat (24/3/2017) melakukan diskusi di Gedung Dewan Pers jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat bersama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Dalam diskusinya ia menyatakan akan memabngun Jakarta melalui tata kelola open goverment. Pengelolaan seperti itu memungkinkan warga DKI untuk ikut serta mengawasi jalanya pemerintahan di Jakarta.

"Kita sekarang sudah masuk di era open government. Artinya pemerintah membuka seluruh akses informasi, dasar mengambil keputusan, termasuk keputusannya kepada seluruh warga," ujarnya.


Anies Imbau Relawannya Tetap Lakukan Kampanye Positif

DKI Jakarta sendiri sudah menerapkan open goverment namun belum menyeluruh. Anies mengungkapkan akan menyelenggarakan tata kelola itu secara merata.

"Sebagian sudah diadopsi. Jadi bukan belum sama sekali, tapi sudah sebagian.," ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya memberikan contoh dari tata kelola open goverment dalam transparansi APBD. Masyarakat harus tau informasi tentang dana pemerintah digunakan untuk apa saja sehingga mencegah aksi korupsi yang cukup efisien.

"Dengan begitu kita bisa melihat pengawasannya bukan saja oleh inspektorat, bukan saja oleh Gubernur kepada birokrasi, tetapi juga oleh warga, sehingga warga pun tahu persis tentang prioritasnya,"pungkasnya.

Setelah Anies-Sandi, Kini Giliran Djarot yang Sambangi Gus Sholah

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari