logo


Masjid 'Kapal Nabi Nuh' Ini Jadi Obrolan Netizen, Tertarik?

Bangunan masjid ini terinspirasi dari kapal Nabi Nuh yang menyelamatkan umat ketika terjadi banjir bandang.

24 Maret 2017 15:09 WIB

Pengunjung berfoto dengan latar belakang Masjid As Safinatun Najah atau Masjid Kapal.
Pengunjung berfoto dengan latar belakang Masjid As Safinatun Najah atau Masjid Kapal. Instagram @nadhir_simen

SEMARANG, JITUNEWS.COM - Bertambah satu lagi objek foto para instagrammer yang kini sedang eksis di sosial media. Masjid As Safinatun Najah yang terletak di daerah Ngaliyan, Semarang tersebut menjadi viral berkat bentuknya yang unik.

Nama lain masjid ini adalah 'Masjid Kapal', lantaran bentuknya yang memang menyerupai kapal. Masjid yang mulai didirikan sekira tahun 2014 ini berlokasi di Jalan Kyai Padak RT 5/RW 5, Kelurahan Podorejo Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Bangunan masjid ini memiliki tiga lantai. Lantai pertama digunakan sebagai ruang pertemuan, lantai dua untuk masjid/tempat ibadah, dan lantai tiga digunakan untuk kegiatan mengajar serta balai kerja. 


Indonesia Punya Wisata Unik Ala Film Titanic Lho

Husein, pihak yang dipercaya mengurus masjid ini mengungkapkan bahwa sang pendiri memang berkeinginan membuat bangunan masjid yang terinspirasi dari kapal Nabi Nuh. "Jadi sambil mengingat sejarah, untuk kembali mengajak mengingat Tuhan, maka dibuatlah masjid ini. Proses pembangunan sudah 90 persen," kata Husein seperti dilansir Dreamcoid.

Masjid seluas 2.500 meter persegi memiliki panjang 50 m, lebar 17 meter, dan tinggi 14 meter. Sesuai namanya, masjid ini juga dipoles layaknya bentuk kapal sebenarnya, lengkap dengan jendela, buritan, haluan, dan geladak. 

Nantinya, juga akan dibangun kolam-kolam untuk menambah kesan 'kapal' yang sedang berada di laut lepas. 

Karena proses pembangunan belum selesai dan juga belum diresmikan, masjid ini masih belum bisa difungsikan sebagai tempat ibadah. Setiap hari, seiring semakin menyebarnya informasi terkait masjid unik ini, banyak pengunjung yang datang hanya sekadar untuk melihat-lihat dan berfoto-foto.

Ayanaz Gedong Songo, Tempat Wisata yang Instagramable di Semarang

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari