logo


Kayuh Sepeda Dari Indramayu ke Yogyakarta, Pria Ini Sebar Cerita Tentang Badak

Badak merupakan hewan langka yang harus dilindungi

23 Maret 2017 11:37 WIB

Samsudin mengayuh sepedanya dari Indramayu sampai Yogyakarta guna bercerita tentang badak kepada anak-anak.
Samsudin mengayuh sepedanya dari Indramayu sampai Yogyakarta guna bercerita tentang badak kepada anak-anak. Istimewa

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Badak merupakan salah satu satwa di Indonesia yang dilindungi karena terancam punah. Hal itu yang mendorong Samsudin untuk mengayuh sepedanya dari Indramayu, Jawa Barat sampai ke Kota Yogyakarta guna bercerita tentang badak kepada anak-anak.

Dongeng merupakan medium yang bagus untuk menceritakan sesuatu yang bermanfaat pada anak-anak. Budaya mendongeng dewasa ini mengalami degradasi. Pasalnya, banyak orang yang tidak melestarikan budaya ini karena di anggap sebagai hal yang kuno. 

Samsudin terdorong untuk menjadi pendongeng karena mencoba untuk melestarikan budaya yang dapat menanamkan nilai positif untuk anak-anak.


Jaga Ketersediaan Protein Hewani Tanah Air, Ini Langkah Kementan

"Saya mencoba melestarikan kebudayaan mendongeng, karena sudah mulai ditinggalkan oleh keluarga,' ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan kenapa memilih badak sebagai bahan untuk bercerita. Hal itu dikarenakan badak merupakan satwa endemik khas Indonesia yang saat ini terancam punah. Ia berharap dengan mendongeng, anak-anak dapat mengenal satwa di Indonesia dan dapat menjaganya.

"Dongeng saya sengaja diarahkan ke konservasi karena Indonesia sudah banyak kehilangan hutan, karena alih fungsi hutan dan kebakaran. Pelestarian satwa dilindungi sampai dengan menjaga lingkungan,' tuturnya.

Selanjutnya, Samsudin berniat untuk pergi ke pulau Kalimantan, Sumatera bahkan ke Sulawesi untuk bercerita tentang satwa di Indonesia khususnya kepada anak-anak serta melakukan kampanye untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di sekitar kita.

Kementan Pastikan Kebijakan Terkait Penyediaan Protein Hewani Bukan Kebijakan Panik

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari