logo


Menjelang Idul Fitri, Stok Cabai Dipastikan Aman

Stok cabai skala nasional akan aman bahkan hingga Idul Fitri.

23 Maret 2017 10:36 WIB

Pedagang menata cabai merah.
Pedagang menata cabai merah. Dok. Jitunews/Johdan A.A.P

KEDIRI, JITUNEWS.COM - Dirjen Hortikultura Kementan, Spudnik Sujono mengatakan bahwa dengan mulai berlangsungnya produksi cabai petani, stok cabai skala nasional akan aman bahkan hingga Idul Fitri.

"Saat ini baru mulai masa panen dan puncak panennya baru terjadi pada bulan Mei-Juni yang akan datang, jadi untuk ketersediaan stok pasti aman bahkan sampai Idul Fitri," demikian kata Spudnik saat mengunjungi sentra tanaman cabe di Kabupaten Kediri Jawa Timur, Rabu(22/3/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sampai saat ini produksi cabai asal Jawa Timur mampu berkontribusi dalam 30 persen stok cabai nasional.


Pemuda Menjadi Petani? Mengapa Tidak!

Namun, menurutnya di tengah semakin meningkatnya produksi cabai petani di lapangan, kondisi harga cabai dalam skala nasional berangsur normal dan bahkan cenderung menurun. "Fenomena ini yang akan kita jaga agar petani kita tidak rugi," demikian katanya.

Untuk menjaga kondisi harga tersebut, lanjut Spudnik, pihaknya menggandeng pihak Bareskrim untuk bersama-sama mengawal kondisi harga baik di tingkat petani maupun di pasar.

"Karena fakanya, anomali harga cabai ini sangat tidak wajar, kenapa selalu cabai rawit merah yang mengalami lonjakan harga sementara cabai merah keriting, cabai merah besar harganya masih normal. Seharusnya kalau ada kenaikan harga pasti merata pada semua varietas cabai yang ada," katanya lagi.

Ia berharap dengan adanya keikutsertaan Polri dalam mengawal anomali harga komoditas cabai, gejolak-gejolak yang terjadi bisa dikurangi, sehingga harga menjadi stabil.

Potong Rantai Distribusi Makanan, Pengamat: Pemerintah Belum Maksimal

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari