logo


Anda Penggemar Abon ? Ini Dia Jenis-jenisnya

abon memiliki masa simpan yang cukup panjang dan bisa dijadikan lauk untuk dikonsumsi kapan saja.

3 Desember 2014 11:30 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Praktis mungkin sebutan yang pas untuk abon. Anda tinggal mengambil sepiring nasi putih hangat, kemudian tambahkan abon dan makan. Selain itu, karena abon memiliki masa simpan yang cukup panjang, lauk ini bisa dibawa dikonsumsi kapan saja. Nah, bagi Anda penggemar abon, berikut ini daftar jenis-jenis abon, selain abon ayam dan sapi. Mau tahu ?

1. Abon Kambing
Abon ini berbahan dasar daging kambing yang kaya akan unsur seng (Zn). Jika diolah secara higienis tanpa bahan pengawet berbahaya, abon ini sangat bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan dan meningkatkan kecerdasan anak. Serta membantu memperkuat rahim yang lemah, karena kekuatan rahim ditentukan oleh unsur seng dalam tubuh. Untuk menghasilkan abon yang lezat, daging kambing lebih baik dikukus, karena pengukusan menghasilkan tekstur yang padat sehingga suwiran yang dihasilkan jadi lebih teratur. Abon ini banyak digunakan untuk taburan Nasi Goreng.

2. Abon Ikan
Merupakan menu makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Kandungan protein dan omega 3 dari ikan sebagai bahan dasar abon ini berfungsi meningkatkan kecerdasan anak, mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan mencegah alzheimer. Ikan yang banyak digunakan sebagai bahan dasar abon yaitu ikan tuna, patin, gabus, gurame, bandeng, tenggiri, pari, tongkol, nila, lele, dan belut. Agar abon ini tidak amis biasanya ditambahkan jahe dan daun salam. Abon ikan terdiri dari beberapa varian rasa seperti asin, manis, dan pedas.

3. Abon Jamur Tiram
Biasanya menjadi incaran para vegetarian yang ingin menikmati menu abon. Jamur tiram yang menjadi bahan utama abon ini merupakan bahan alternatif penurun kolesterol, memperlambat timbulnya kepikunan, katarak, penyakit jantung, kencing manis, rematik, dan kanker. Keunggulan abon ini terletak pada jamur yang kaya akan serat dan memiliki rasa lezat dan gurih yang mendekati daging. Cara membuat abon jamur tidak memerlukan investasi yang mahal, dan bisa dimulai dari dapur sendiri dengan menggunakan peralatan dapur seadaanya. Bagi Anda pecinta rasa pedas, abon ini bisa diolah menjadi abon jamur pedas.

4. Abon Ebi
Ebi atau udang rebon dapat dijadikan abon yang enak dan memiliki nilai gizi cukup tinggi, karena di dalam ebi terdapat kandungan protein, kalsium, dan yodium yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Abon ebi dapat dikreasikan menjadi berbagai menu istimewa seperti abon ebi gulung, yaitu abon ebi yang dibungkus kulit pangsit dengan cara digulung dan direkatkan dengan putih telur, lalu digoreng hingga matang.

5. Abon Cabai
Bagi penikmat rasa pedas, abon ini merupakan alternatif lain untuk menikmati sambal. Varian abon satu ini dibuat dengan cara mengeringkan cabai yang sudah dibumbui dan diberi aneka rasa, agar dapat dinikmati sebagai pelengkap menu makanan. Abon cabe dapat dkreasikan menjadi sajian dengan rasa yang istimewa seperti abon cabai merah teri, cabai merah ebi, cabai hijau ebi dan cabai hijau teri. Sebagian orang menikmati abon cabai dengan cara ditaburkan di atas nasi hangat.

6. Abon Lengkuas
Lengkuas yang sering digunakan sebagai bumbu masakan ternyata dapat dijadikan abon yang nikmat. Penggunaan lengkuas untuk dijadikan abon biasanya dicampur dengan daging sapi, sehingga rasa lengkuas berbaur dengan rasa daging dan menimbulkan rasa yang khas. Agar serat abon halus, lengkuas dimemarkan dengan pemukul daging sebelum dicabik-cabik, atau bisa juga dengan cara diparut.  

7. Abon Jantung Pisang
Jantung pisang yang sering terabaikan ternyata menyimpan banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, betakarotin, Vit. B dan C yang bermanfaat untuk penderita diabetes, mencegah penyakit jantung dan stroke. Dari segi bentuk dan rasa, abon jantung pisang tak jauh beda dengan abon daging. Abon ini baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak karena dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Sebelum diolah, buang kelopak luar jantung yang berwarna merah, sisakan yang berwarna putih kekuningan, cuci bersih lalu iris halus. Untuk menghilangkan getah dan rasa sepatnya cukup dikukus, atau direbus sebelum diolah. Untuk memberi rasa gurih menyerupai daging, gunakan kaldu daging sapi untuk rebusannya. Untuk proses selanjuntya sama seperti membuat abon sapi.

 

Ide Masakan Rumahan: Masakan Mudah untuk Buka Puasa, Resep Tomyam Udang

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah