logo


Dinas Sosial DKI Jakarta Pulangkan 45 Pengemis dan Gelandangan ke Daerah Asal

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, Surya, mengatakan bahwa pemulangan ini rutin dilakukan agar tidak semakin menjamurnya PMKS jalanan.

21 Maret 2017 11:20 WIB

Dinas Sosial DKI Jakarta memulangkan 45 orang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).
Dinas Sosial DKI Jakarta memulangkan 45 orang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Jitunews/Citra Fitri Mardiana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dinas Sosial DKI Jakarta memulangkan 45 orang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jalanan di DKI Jakarta ke kampung halamannya masing-masing.

PMKS yang terdiri dari gelandangan, pengemis, dan pengamen tersebut dikumpulkan dari razia jalanan yang dilakukan oleh Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S).

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, Surya, mengatakan bahwa pemulangan ini rutin dilakukan agar tidak semakin menjamurnya PMKS jalanan. Pasalnya, PMKS tersebut kerap mengganggu kenyamanan warga ibu kota.


Salah Adegan Shalat, KPI Tegur Anak Jalanan

"Untuk pemulangan kali ini kami pulangkan 45 orang, 24 orang ke sejumlah daerah di Jawa Barat, sementara 21 orang ke Jawa Tengah," ungkap Surya, Selasa (21/3/2017).

Kendati demikian, PMKS tersebut telah diberikan pembinaan di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1, Jakarta Barat. Pembinaan tersebut bertujuan memberikan motivasi agar mereka dapat bekerja dengan produktif di kampung halaman.

Di samping itu, Surya mengaku, seluruh PMKS yang dipulangkan ke daerah asalnya telah berkomitmen melalui surat pernyataan bermeterai, bahwa mereka tidak akan kembali menjadi PMKS jalanan di Jakarta.

Nantinya bila para PMKS ditemukan kembali menjadi PMKS di Jakarta, petugas akan melaporkan kepada pihak kepolisian untuk diproses sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

"Mereka menandatangani perjanjian untuk tidak akan menjadi pengemis, gelandangan, pengamen di jalanan dan lain sebagainya. Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan hukum yang berlaku," kata Surya lagi.

Seperti diketahui, para PMKS dipulangkan dengan menggunakan agen bus yang sudah bekerjasama dengan Suku Dinas Sosial Jakarta Barat.

Survei Populi: Apapun Program yang Diluncurkan Jika Ada Nama Anies Maka Baik

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Nugrahenny Putri Untari