logo


Anies-Sandi akan Tingkatkan Pasar Tradisional di Jakarta

Penataan pasar tradisional agar menjadi lokasi jual beli yang bersih dan nyaman. Agar penataan berjalan dengan baik, maka terlebih dahulu Anies menata lapak pedagang.

19 Maret 2017 18:32 WIB

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Sandi Baswedan saat mengunjungi Jalan Selong, Cengkareng, Selasa (14/3/2017).
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Sandi Baswedan saat mengunjungi Jalan Selong, Cengkareng, Selasa (14/3/2017). Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan pihaknya akan melakukan penataan pasar tradisional agar menjadi lokasi jual beli yang bersih dan nyaman. Agar penataan berjalan dengan baik, maka terlebih dahulu Anies menata lapak pedagang.

"Penataan lapak merupakan awal peningkatan kualitas pasar tradisional," jelas Anies saat berkunjung di Fresh Market, Pantai Indah Kapuk, Pluit, Jakarta, Minggu (19/3).

Anies mengambil referensi dengan apa yang dilakukan Fresh Market. Sebab, pasar yang empat lantai itu memiliki klasifikasi lapak pedagang sehingga memudahkan mereka untuk menjaga kebersihan serta kenyamanan pasar.

"Lapak basah dipergunakan untuk pedagang yang menjual daging dan ikan segar sehingga setelah mengolah bahan makanan itu bisa langsung mengalirkan limbahnya tanpa menimbulkan bau," jelasnya.

Memang selama ini pasar tradisional belum banyak yang menggunakan sistem pembuangan limbah bahan makanan dengan baik sehingga bahan makanan yang tak terpakai biasanya menumpuk dan membuat bau tak sedap yang sangat mengganggu kenyamanan pembeli.

Sementara itu bukan hanya fisik pasar saja yang nantinya akan diperbaiki. Bahkan Calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan perlunya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) baik pedagang maupun pengelola pasar.

"Kuncinya SDM, pasar ini bisa dikelola dengan baik karena pasar ini punya SDM yang mumpuni," terang Sandiaga.

Lebih lanjut Sandiaga juga berencana akan mengadakan berbagai workshop di pasar-pasar untuk meningkatkan penjualan. Harapannya, daya beli masyarakat meningkat dan roda perekonomian tetap berputar.

"Kita kasih workshop di pasar-pasar lain tanpa meninggalkan nilai nilai luhur pasar tradisional," tukasnya.

Bawaslu DKI Ingin Timses Ahok-Djarot Transparan

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Marselinus Gunas