logo


Fakta Menarik Tentang Hamster

Di alam liar mereka hidup dengan memakan tumbuh-tumbuhan dan serangga kecil

3 Desember 2014 08:24 WIB

Kebiasaan unik hamster
Kebiasaan unik hamster

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anda pecinta hamster? Pastinya tahu dong karakteristik hewan mungil yang lucu tersebut. Tapi bagi Anda yang masih pemula wajib tahu apa saja karakteristik hamster tersebut.

Berikut ini fakta unik seputar hamster :

1. Hamster adalah omnivora
Sejatinya hamster adalah kerabat tikus. Jadi hamster itu adalah pemakan segala. Di alam liar, hamster makan tumbuhan, biji-bijian dan serangga. Kalau untuk minumnya, hamster lebih suka minum embun dari tumbuh-tumbuhan yang mereka konsumsi.

2. Hamster menyimpan makanan di pipi
Pipi hamster berkantong elastis. Kegunaannya adalah untuk menyimpan makanan sementara, sebelum dipindahkan ke tempat yang aman di sarangnya. Soal menyimpan makanan, hamster sanggup menyimpan hingga 20% dari berat badannya

3. Hamster menimbun makanan
Dalam sarangnya, hamster bisa menyimpan sebanyak 38 pon makanan dalam liang tunggal.

4. Hamster adalah hewan crepuscular
Hewan Crepuscular adalah hewan yang aktif terutama saat twilight (senja atau subuh). Hewan Crepuscular terkadang aktif di malam hari saat bulan purnama.

5. Hamster adalah hewan yang menyukai kebersihan
Hamster punya kebiasaan yaitu berguling-guling di atas pasir yang bersih. Gunanya untuk menghilangkan gatal-gatal, kutu dan minyak serta parasit yang menempel pada kulit dan bulunya. Kemudian setelah selesai, mereka akan mengibaskan semua pasir yang menempel dengan cara menggoyang-goyangkan tubuhnya.

6. Hamster bisa melakukan perjalanan yang jauh
Hamster bisa berjalan dan berlari dengan kecepatan 2-3 mph untuk jarak jauh dan 5-7 mph untuk jarak pendek. Hamster juga dapat melakukan perjalanan yang jauh, sekitar 8 Miles dalam mencari makanan.

7. Hamster buta warna
Hamster buta warna dan hanya bisa melihat sampai 6 inci di depan mereka. Dalam mencari makanan dan menghindar dari pemangsa, hamster mengandalkan indera penciuman dan pendengarannya.

8. Hamster bisa mendengar suara dalam jangkauan ultrasonik
Indra pendengaran hamster sangat tajam, mereka bisa mendengar suara dalam jangkauan ultrasonik.

9. Hamster bisa menggali hingga 3 Meter
Di habitat aslinya di alam liar, hamster bisa menggali liang sedalam hingga mencapai 3 meter.

Semoga bermanfaat!


Ini Lho Manfaat Grit Bagi Kenari

10 Fakta Unik Kelinci

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid