logo


5 Makanan Pencegah Kanker

Makanan ini ternyata mengandung banyak senyawa untuk mengurangi resiko terkena kangker

18 Maret 2017 12:57 WIB

Brokoli.
Brokoli. Dok. Sobeys.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penyakit berbahaya ini dapat menyerang semua orang baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Kanker merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Butuh biaya yang sangat banyak untuk penyembuhan penyakit jenis ini. 

Beberapa makanan ini mengandung anti oksidan dan fitokimia yang cukup tinggi untuk mencegah kanker. 

1. Brokoli


Inilah 5 Makanan Sehat untuk Usir Stres

Rutin konsumsi brokoli dapat mencegah penyakit kanker. Brokoli mengandung enzim yang dihasilkan oleh glukosianat adalah sulfurophane. Enzim ini dapat mencegah sekaligus mengurangi resiko penyakit kanker dengan cara menghilangkan zat kimia penyebab kanker dalam tubuh. Sulforaphane juga dapat mencegah tumbuhnya tumor dengan mengendalikan sel batang kanker dalam tubuh. 

2. Tomat 

Tomat juga dapat mencegah tumbuhnya kanker karena mengandung Likopen yang cukup tinggi. Likopen merupakan jenis antioksidan yang dapat mencegah kanker dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Teh Hijau

Minuman sehat ini juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker. Teh hijau mengandung senyawa cathecine, xanthine, epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dan epicatechin dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

4. Jahe 

Tnanaman herbal ini ternyata mengandung senyawa yang mampu mencegah penyakit kangker. Sebelumnya telah dilakukan studi terhadap jahe yang dipublikasikan pada tahun 2012 dalam British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa jahe secara signifikan mampu mencegah terbentuknya sel kanker pada kandung kemih.

5. Delima

Siapa sangka Buah merah yang segar dapat mencegah tumbuhnya kanker. Kandungan dari buah ini adalah fenol, antosianin, falvonoid dan tanin yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas.

Kandungan polifenol dalam buah delima mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dan mencegahnya menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Inilah 3 Makanan Unik yang Akan Jadi Tren Kuliner 2017

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari