logo


Makna di Balik Tiga Maskot Asian Games 2018: Wakili Wilayah Nusantara

Ketiga maskot tersebut adalah Bhin-bhin, Ika, dan Atung.

16 Maret 2017 15:38 WIB

Maskot Asian Games 2018: Bhin-bhin, Ika, dan Atung.
Maskot Asian Games 2018: Bhin-bhin, Ika, dan Atung. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Asian Games 2018 akan digelar di dua kota, yaitu Jakarta dan Palembang. Akan ada 45 negara yang berpartispasi, dengan sekitar 33.000 atlet yang siap berkompetisi di 42 cabang dan 484 nomor.

Sebagai tuan rumah, Indonesia telah bersiap menyambut ajang olahraga empat tahunan tersebut, termasuk pembuatan maskot yang melambangkan kekayaan kebudayaan Indonesia. Untuk Asian Games 2018 kali ini, ada tiga maskot yang disesuaikan dengan ciri khas wilayah Indonesia. Ketiga maskot tersebut adalah Bhin-bhin, Ika, dan Atung.

Masing-masing maskot mewakili satu bagian Indonesia. Bhin-bhin merupakan seekor cendrawasih yang mewakili Indonesia Timur dan melambangkan strategi. Ika merupakan seekor badak bercula satu yang mewakili Indonesia Barat dan melambangkan kekuatan. Atung merupakan seekor rusa bawean yang mewakili Indonesia Tengah dan melambangkan kecepatan.


Menko PMK Ikuti Rapat Terbatas ‘Sukses Prestasi’ Asian Games 2018

Sementara itu, logo Asian Games dibuat berdasarkan sketsa atas Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan tambahan gambar matahari di tengahnya. 

"Logo atau identitas Asian Games 2018 itu menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke dunia," tutur Menpora Imam Nahrawi di Kantor Staf Keperesidenan, November 2016 lalu. 

Kemenpora Gelar Rapat Persiapan Asian Games 2018, ini Target Indonesia

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari