logo


Tanpa Sentuh Uang Negara, Pulau Bintan Akan Miliki Bandara Pribadi

Bandara swasta pertama di Indonesia tersebut dibangun di dalam wilayah resort.

16 Maret 2017 10:46 WIB

Pulau Bintan
Pulau Bintan Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia akan memiliki bandara swasta pertama yang berlokasi di Bintam, Kepulauan Riau. Rencananya, bandara tersebut akan telah selesai dibangun di penghujung tahun 2018. 

Managing Director PT Bintan Aviation Investments, Michael BK Budy, menjelaskan bahwa bandara tersebut akan berada di dalam wilayah Bintan Resort dan merupakan bandara pribadi. Meskipun demikian, Michael menegaskan bahwa seluruh proyek pembangunan tidak menggunakan uang negara.

"Bandara ini dibangun di lahan kami sendiri. Pembangunan bandara ini tak menggunakan uang negara, 100 persen. Akhir tahun 2018 itu selesai (pembangunan). Itu tentunya di bawah bimbingan Kementerian Perhubungan," kata Michael saat acara jumpa pers Nota Kesepahaman antara Bintan Resort, Bintan Aviation Investments dengan Sriwijaya Air Group di Jakarta, Selasa (14/3/2017).


Antisipasi Pencurian Bagasi di Bandara, Angkasa Pura II Lakukan Hal Ini

Sejauh ini, pembangunan fondasi landasan pacu sudah hampir selesai. Sementara itu, pengelolaan infrastruktur bandara nantinya juga akan dilakukan secara mandiri. 

"85 persen sudah selesai untuk panjang tiga kilometer. Dimensinya untuk pesawat berbadan lebar sudah selesai. Semua infrastruktur pendukung kami siapkan sendiri mulai listrik hingga air," tambah Michael.

Nantinya, bandara pribadi tersebut diproyeksikan untuk melayani satu juta penumpang. Untuk memudahkan mobilitas pengunjung, Bandara Bintan rencananya juga akan tersambung dengan dermaga feri.  

Bandara Soekarno-Hatta Sabet Penghargaan di Ajang World Airport Award 2017

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari