logo


Jusuf Kalla Pimpin Upacara Pemakaman Hasyim Muzadi

Jika tak ada kendala, jenazah siang nanti akan diterbangkan dari Malang utnuk kemudian dimakamkan di Depok.

16 Maret 2017 09:36 WIB

Jusuf Kalla dan Hasyim Muzadi.
Jusuf Kalla dan Hasyim Muzadi. Dok. Merdeka.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, telah meninggal dunia guru bangsa, pura terbaik Indonesia KH Hasyim Muzadi pada usia 72 tahun. Rencananya, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan bertindak sebagai inspektur upacara dalam proses pemakaman anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu.

Sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalatte, kemudian Hasyim Muzadi melanjutkan masa penyembuhannya di kediamannya di di Pondok Pesantren Al Hikam Malang, Jawa Timur. Di tempat itu pula, mantan Ketua PBNU itu menghembuskan nafas terakhirnya.

Jika tak ada kendala, jenazah siang nanti akan diterbangkan dari Malang utnuk kemudian dimakamkan di Depok.


Presiden Mendoakan Kesembuhan KH Hasyim Muzadi

"Pak JK akan memimpin upacara pemakaman KH Hasyim Muzadi, siang ini di Depok," demikian ucap Husain Abdullah pagi ini, Kamis (16/3).

Pada 16 Januari 2017 diketahui kondisi Hasyim Muzadi tidaklah baik yang mengharuskan beliau masuk rumah sakit. Meski awalnya tingkat kesehatan alumni Pondok Pesantren Gontor itu membaik, namun Allah SWT berkehendak lain hingga JK akhirnya mendengar kabar duka tersbeut.

"Pak JK dan bangsa ini sangat kehilangan dengan kepergian almarhum yang begitu dicintai dan dihormati sebagai ulama yang teduh. Almarhum seorang ulama besar dan sahabat yang sangat dekat dengan Pak JK," ucap Husain menambahkan.

Husain mengatakan JK menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Hasyim Muzadi. Dalam pandangan JK, sosok Hasyim Muzadi memiliki pandangan yang moderat dan memberikan teladan dalam setiap ajaran dan sikapnya.

"Selain itu almarhum seorang ulama yang memiliki sikap teguh," kata Husain.

Siang Ini Jenazah Hasyim Muzadi Dibawa ke Depok untuk Dimakamkan

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah