logo


Sempat Dijenguk Presiden, KH Hasyim Muzadi Tutup Usia

Dalam kesempatan itu, presiden mendoakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden tersebut agar lekas sembuh.

16 Maret 2017 09:36 WIB

Hasyim Muzadi.
Hasyim Muzadi. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia kembali berduka. Tokoh Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Muzadi telah menghembuskan nafas terakhirnya, Kamis (16/3/2017), tepat setelah almarhum dikunjungi Presiden Jokowi. 

Lahir di Tuban, 8 Agustus 1944, almarhum wafat di usia 72 tahun. Sebelumnya, almarhum sempat dirawat di rumah sakit Lavalette beberapa hari dan diperbolehkan pulang pada hari Senin (13/3).

Dalam surat keterangan yang diterbitkan 13 Maret 2017, Kepala RS Lavalette Abdul Rokhim menjelaskan bahwa KH Hasyim Muzadi sebenarnya masih perlu menjalani masa pemulihan di rumah sakit. Akan tetapi, almarhum lebih memilih melakukan pemulihan di kediamannya, agar lebih dekat dengan para santrinya. 


Waspada Lonjakan Kasus Covid-19, Jokowi Minta Pemda Tak Buru-buru Buka Kegiatan Publik

Almarhum sempat dijenguk Presiden Jokowi pada hari Rabu (15/3). Dalam kesempatan itu, presiden mendoakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden tersebut agar lekas sembuh. Akan tetapi, Tuhan berkehendak sebaliknya. 

Kabar duka disampaikan Kementrian Agama melalui akun Twitter resminya, @Kemenag_RI. "Innalillahi wa innailaihi rajiun. Keluarga besar Kemenag turut berduka cita atas wafatnya KH Hasyim Muzadi. Semoga khusnul khotimah," tulis Kemenag, Kamis pagi (16/3).

Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Al-Hikam Depok, hari ini Kamis (16/3). Jenazah akan diberangkatkan ke Pondok Pesantren Al-Hikam Depok dari Malang ba'da Zuhur.

Almarhum dikenal sebagai sosok yang karismatik. Pendiri Pondok Pesantren Al-Hikam Malang ini pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB NU pada periode 1999-2010.

Farid Okbah Pernah Bertemu Jokowi, Pengacara: Di Mana Muka Teman-teman BIN? Berarti Kecolongan

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari