logo


Sebanyak 15 Ribu Polybag Benih Cabai Siap Sukseskan Program Gertam di Sukabumi

Kementan melalui Balittri saat ini kembali menggalakan program Gertam di kabupaten Sukabumi.

15 Maret 2017 15:32 WIB

Gertam Cabai di Sukabumi.
Gertam Cabai di Sukabumi. Dok. Balitbangtan Kementan

SUKABUMI, JITUNEWS.COM - Badan Litbang Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian kembali mencanangkan program Gerakan Tanam (Gertam) di Sukabumi.

Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Kementerian Pertanian, Syafaruddin mengatakan bahwa pada saat ini pihaknya kembali menggalakan program Gertam di kabupaten Sukabumi. Pasalnya langkah ini merupakan kelanjutan dari program pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian pertanian untuk membudayakan masyarakat lakukan tanam cabe di pekarangan rumah.

"Kami sudah sediakan sekitar 15.000 poly bag benih cabai yang siap dibagikan kepada masyarakat di Sukabumi," demikian kata Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Kementerian Pertanian, Syafaruddin seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Rabu(15/3).


Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa untuk menyukseskan program Gertam di Kabupaten Sukabumi pihaknya melakukan kerja sama dengan pemerintahan daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi.

"Tujuan dari penandatanganan nota kesepahaman ini adalah untuk secara bersama menggerakkan kaum ibu dalam bertanam cabai di lahan pekarangan di wilayah kerja masing-masing," demikian katanya.

Selain mengandengn pemda, Balittri juga mengandeng pihak lain seperti Kodim 0607/Kota Sukabumi, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, dan salah satu Kecamatan di wilayah Kabupaten Sukabumi, yaitu Kecamatan Parungkuda.

Seperti diketahui program Gerakan Tanam (Gertam) Cabai ini merupakan program skala Nasional, yang sudah di luncurkan langsung oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman beberapa waktu lalu. Pasalnya kementan menargetkan adanya penanaman cabe nasional hingga 50 juta polybag di seluruh Indonesia.

Kementan berharap dengan adanay program tersebut akan mampu berkontribusi secara signifikan terhadap ketahanan pangan masyarakat khususnya dalam pemenuhan kebutuhan cabai masyarakat.

Agar Distribusi Pupuk Lancar, Kementan Ingatkan Pemda Segera Percepat Realisasi

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah