logo


Pemerintah RI Segera Panggil Nahkoda Kapal Pesiar Rusaknya Terumbu Karang Raja Ampat

Kerusakan yang terjadi cukup parah akibat Kapal Pesiar yang menabrak terumbu karang Raja Ampat

15 Maret 2017 13:56 WIB

Kapal pesiar MV Celedonia Sky
Kapal pesiar MV Celedonia Sky Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kapal pesiar MV Celedonia Sky yang dinahkodai oleh Kapten Keith Michael Taylor menabrak terumbu karang Raja Ampat pada 4 Maret 2017 silam.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP, Brahmantya Satyamurti Poerwadi, menyatakan bahwa pemerintah akan secepatnya melakukan pemanggilan terkait persoalan tersebut.

"Gugatan akan dilakukan secepatnya. Kapal Caledonian ini sekarang posisinya ada di Filipina. Kami akan buat surat perintah untuk pemanggilan dan pemeriksaan," Ujarnya, Rabu (15/3/2017).


Ini dia Spesies Kodok Baru dari Pulau Misol, Raja Ampat

Diketahui bahwa kapal pesiar tersebut menerjang terumbu karang akibat terlalu dekat dengan tepian. Celedonia kandas di atas sekumpulan terumbu karang. Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Papua, Yusdi Lamatenggo.

"Semua kapal juga lewat situ tapi dia terlalu ke pinggir," ungkap Yusdi.

Pihaknya juga menilai kejadian tersebut merupakan kelalaian dari Kapten Kapal Pesiar yang melintasi Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

Dampak dari kerusakan yang terjadi sampai saat ini masih pada tahapan praeliminary 1.600 meter persegi. Sejumlah orang dari Kementerian Lingkungan Hidup, KKP, dan Kehutanan masih menghitung detil kerusakan.

Terkait hal tersebut, sejumlah peraturan perundangan telah dilanggar oleh Celedonia Sky. Peraturan tersebut antara lain UU Nomor 32/2009 tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan UU No 31/2004 tentang Perikanan.

Oleh karena itu, Pemerintah akan meminta pertanggungjawaban dengan segera melalukan gugatan terhadap Kapal Pesiar berbendera Bahama itu bersamaan dengan Kapten Taylor.

Presiden Habiskan Waktu Tahun Baru di Raja Ampat

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari